Jumat, 24 Sep 2021 18:16 WIB

Hati-hati, Simak 7 Tips Berikut untuk Cegah Penularan COVID pada Bayi

Erika Dyah - detikHealth
Coronavirus and small baby being born. Covid-19 giving birth during isolation. Social distancing with the virus infection during pandemic. Covid pandemic flue and giving birth to babies. covid-19. Foto: Getty Images/iStockphoto/DA4554
Jakarta -

Anak-anak terutama bayi merupakan salah satu kelompok rentan penularan COVID-19. Melansir MayoClinic, bayi di bawah usia 1 tahun mungkin berisiko lebih tinggi terkena gejala COVID yang parah dibandingkan anak yang lebih besar.

Hal ini disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh bayi baru lahir hingga usia 1 tahun yang belum matang terbentuk. Selain itu, bayi juga memiliki saluran udara yang kecil sehingga membuat mereka lebih mungkin mengalami masalah pernapasan dengan adanya infeksi COVID-19.

Bayi baru lahir dapat terinfeksi virus yang menyebabkan COVID-19, baik pada saat proses melahirkan atau akibat terpapar pengasuh yang sakit setelah melahirkan.

Untuk menghindari penularan virus pada bayi baru lahir, berikut 7 tips dari situs Satgas COVID-19 yang bisa Anda dan keluarga praktikkan, dikutip Jumat (24/9/2021).

1. Selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum dan sesudah memegang bayi, juga sebelum menyusui.

2. Disarankan untuk menggunakan masker medis di dalam dan masker kain di luar saat menyentuh bayi, menggendong bayi, atau saat memberi ASI pada bayi.

3. Jauhkan bayi dari orang sakit agar terhindar dari risiko tertular COVID-19 atau penyakit lainnya.

4. Hindari kebiasaan mencium dan menyentuh wajah bayi, terutama pada orang asing yang tidak diketahui riwayat aktivitasnya sehari-hari.

5. Berikan ASI saja sampai anak berusia 6 bulan tentunya dengan tetap mengikuti protokol kesehatan

6. Jika ibu/pengasuh dan bayi berbeda status COVID-19, disarankan untuk tetap menjaga jarak 2 meter dari bayi. Kecuali saat menyusui atau memberikan ASI perah atau saat merawat bayi.

7. Jika ada bayi dan anggota keluarga yang menderita COVID-19 secara bersamaan, maka dapat dilakukan isolasi bersama.

Beberapa tips di atas bisa menjadi panduan untuk mencegah penularan COVID-19 pada bayi. Selain itu, Satgas menyarankan agar pengasuhan bayi sehat dilakukan oleh orang yang sehat dan tidak menderita COVID-19 guna mencegah penularan penyakit pada bayi, terutama yang baru lahir.

(fhs/ega)