Sabtu, 25 Sep 2021 14:21 WIB

Studi Besar di Malaysia Kembali Ungkap Keunggulan Vaksin Sinovac

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Ratusan tenaga pendidik menjalani vaksinasi COVID-19 hari ini. Vaksinasi itu dilakukan agar sekolah bisa memulai belajar tatap muka pada tahun ajaran baru. Vaksin Sinovac. (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Sebuah studi besar di Malaysia kembali menguak keunggulan lain dari vaksin Corona Sinovac. Disebutkan bahwa vaksin Sinovac ini sangat efektif melawan penyakit serius akibat COVID-19

Meski begitu, studi juga menyebut vaksin Pfizer-BioNTech dan AstraZeneca yang digunakan di negara tersebut tetap menunjukkan tingkat perlindungan yang lebih baik.

Studi menemukan bahwa hanya 0,011 persen dari sekitar 7,2 juta orang yang disuntik vaksin Sinovac memerlukan perawatan di unit pelayanan intensif (ICU) karena infeksi COVID-19. Hal ini disampaikan para pejabat kesehatan setempat yang dikutip dari Straits Times, Sabtu (25/9/2021).

Sementara jumlah penerima suntikan vaksin Pfizer-BioNTech dan AstraZeneca yang membutuhkan perawatan ICU akibat COVID-19, masing-masing sebesar 0,002 persen dari 6,5 juta dan 0,001 persen dari 744.958 penerima vaksin.

Studi dilakukan oleh Institute for Clinical Research bersama dengan pihak gugus tugas nasional penanganan COVID-19 setempat.

Dalam studi, Direktur Institute for Clinical Research, Dr Kalaiarasu Peariasamy, mengungkapkan vaksin dari merek apapun mampu mengurangi risiko seseorang untuk dirawat di ICU sebesar 83 persen. Selain itu, vaksinasi juga menurunkan risiko kematian sebesar 88 persen.

Untuk mereka yang sudah divaksinasi dengan dosis lengkap, persentase mereka dirawat di ruang ICU hanya sebesar 0,0066 persen. Tingkat kematiannya juga rendah, hanya mencapai 0,01 persen.

Hal itu sebagian besar terjadi pada mereka yang berusia di atas 60 tahun atau memiliki penyakit komorbid.

Efikasi vaksin Sinovac sebelumnya sempat diragukan. Ini terjadi saat sejumlah tenaga kesehatan di Indonesia dan Thailand dilaporkan terpapar COVID-19 meski sudah mendapat dosis lengkap vaksin Sinovac.



Simak Video "Cara Kerja Vaksin COVID-19 di Tubuh Anak-anak dan Orang Dewasa"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/fds)