Sabtu, 25 Sep 2021 15:18 WIB

Wadaw! COVID-19 Disebut Peneliti Bisa Bikin Otak Menciut

Firdaus Anwar - detikHealth
ilustrasi otak Benarkah COVID-19 bisa bikin otak menciut? (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Seiring berjalannya pandemi, peneliti berhasil menguak semakin banyak misteri COVID-19. Salah satunya dampak infeksi yang diduga bisa membuat otak menciut.

Dalam laporan di medRxiv, para peneliti University of Oxford membandingkan data pindaian otak dari lebih 45.000 orang di Inggris. Peneliti ingin melihat apakah ada perbedaan pada otak pasien atau penyintas COVID-19 dengan otak orang yang belum pernah terinfeksi.

Setelah berhati-hati memperhitungkan faktor lain, mulai dari usia, jenis kelamin, riwayat penyakit, dan status sosial ekonomi, peneliti menemukan otak penyintas COVID-19 rata-rata menciut jadi lebih kecil. Perbedaan jelas disebut tampak pada bagian materi abu-abu otak berisi sel neuron yang fungsinya memproses informasi.

Volume otak memang bisa menyusut karena proses degenerasi. Namun, menurut peneliti penyusutan otak yang terjadi pada para penyintas lebih parah dibandingkan dalam kondisi normal.

Menariknya penyusutan ini bisa muncul baik pada pasien COVID-19 yang mengalami gejala parah, maupun pasien bergejala ringan.



Simak Video "Persiapan yang Harus Dilakukan untuk Menuju Endemi Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)