Minggu, 26 Sep 2021 05:05 WIB

Vaksin AstraZeneca Vs Delta Cs, Seberapa Ampuh? Ini Hasil Studi di Dunia Nyata

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Program vaksinasi COVID-19 massal digelar di Pelabuhan Sunda Kelapa. Vaksinasi massal tersebut menyasar para pekerja pelabuhan dan warga sekitar. Ilustrasi vaksin COVID-19 (Foto: Pradita Utama)

Kanada

Studi di Kanada ini menganalisis efektivitas vaksin AstraZeneca terhadap munculnya gejala yang disebabkan VoC, yaitu Alpha, Beta, Gamma, dan Delta. Ini dilihat lebih dari 14 hari setelah pemberian dosis pertama dan kedua. Berikut hasilnya:

  • - Untuk varian Alpha, vaksin dosis pertama AstraZeneca efikasinya mencapai 64 persen. Sedangkan pada dosis kedua, efikasinya mencapai 75 persen.
  • - Untuk varian Beta dan Gamma, vaksin dosis pertama AstraZeneca efikasinya mencapai 48 persen. Sedangkan pada dosis kedua, efikasinya mencapai 100 persen.
  • - Untuk varian Delta, vaksin dosis pertama AstraZeneca efikasinya mencapai 67 persen. Sedangkan pada dosis kedua, efikasinya mencapai 100 persen.

"Secara real-world, baik di Eropa maupun di Asia memperlihatkan bahwa efektivitas AstraZeneca untuk VoC terutama Delta cukup menggembirakan. Jadi, kita tidak perlu khawatir bahwa meski banyak mutasi, tetap kita bisa mengontrol kalau semua rakyat kita mau diimunisasi dengan protokol kesehatan yang ketat," pungkasnya.

Simak juga: Wanita Cantik Asal Bandung, Ahli 'Bongkar' Tulang dan Sendi

[Gambas:Video 20detik]



Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(sao/up)