Minggu, 26 Sep 2021 05:51 WIB

Belajar dari Tukul Arwana, Ini Check Up Wajib Agar Terhindar dari Stroke

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
ilustrasi stroke Ilustrasi stroke (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

Komedian Tukul Arwana mengalami pendarahan otak atau perdarahan otak, salah satu bentuk serangan stroke. Stroke bisa muncul tiba-tiba, namun bisa dihindari antara lain dengan medical check up secara rutin.

Beberapa waktu lalu, dalam perbicangan dengan detikHealth, spesialis saraf dari RS Pusat Otak Nasional (RS PON), dr Silvia Francina Lumempoew, SpS(K) menyarankan untuk brain check up bila sudah memiliki faktor risiko.

"Bila masih muda cek kesehatan 1 tahun sekali, jika mulai terlihat sudah ada faktor risiko tentu segera lakukan brain check up," katanya pada detikcom, Rabu (17/9/2019).

Serangan silent stroke perlu diwaspadai karena terkadang sulit dideteksi tanpa bantuan medical check up. Walau tak disadari, dampaknya serangan stroke di otak bisa sangat serius.

Beberapa check up yang direkomendasikan untuk mencegah silent stroke antara lain:

  • Pemeriksaan fisik dan neurologis
  • Pemeriksaan darah lengkap
  • MRI (Magnetic resonance imaging) otak
  • Periksa EKG (Echocardiography) jantung untuk mencari adakah kelainan di jantung
  • TCD (Transcranial Doppler) tes untuk memeriksa kecepatan aliran darah di pembuluh darah otak dan CD tes untuk di pembuluh darah di leher. Adakah plak plak yang menyempitkan dinding pembuluh darah.
  • Test Neurobehavior untuk menilai adakah penurunan fungsi kognitif atau perubahan tingkah laku

Bagaimana kondisi terbaru Tukul Arwana saat ini? Selengkapnya di halaman berikut.

Simak video 'Ramai Kabar Tukul Arwana Meninggal, Manajer Klarifikasi Itu Hoax!':

[Gambas:Video 20detik]



Terkait kondisi terbaru Tukul Arwana, AKP Ega Prayudi, salah seorang anaknya, menyampaikan bahwa sang komedian sudah mulai membaik. Meski demikian, Tukul masih belum bisa ditemui.

"Alhamdulillah perkembangannya dari mulai pascaoperasi kemarin sudah mulai stabil. Walaupun masih belum 100 persen sadar," ungkapnya.

"Tapi sudah menunjukkan progresnya positif, sudah mulai respons, sudah mulai menggerakkan tangan, kaki. Saat ini mungkin butuh istirahat intensif, keterangan dokter seperti itu," lanjutnya, dikutip dari detikHot.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI

Simak juga: Wanita Cantik Asal Bandung, Ahli 'Bongkar' Tulang dan Sendi

[Gambas:Video 20detik]



(up/up)