Minggu, 26 Sep 2021 21:54 WIB

Round Up

Ramalan Terbaru Para Pembuat Vaksin, Pandemi COVID-19 Selesai Tahun Depan?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Folder of Coronavirus covid19 2019 nCoV outbreak Pandemi COVID-19 selesai tahun depan? (Foto: Getty Images/iStockphoto/oonal)
Jakarta -

Meski jumlah kasus masih melonjak di beberapa negara, COVID-19 di sebagian negara lain tampak mulai mereda. Sederet ramalan terbaru menyiratkan optimisme tentang akhir pandemi.

Salah satunya disampaikan oleh bos Moderna, Stephane Bancel. Bos produsen vaksin berbasis mRNA ini memperkirakan pandemi akan mereda paruh kedua 2022.

"Jika Anda melihat ekspansi luas pada kapasitas produksi industri dalam 6 bulan terakhir, akan ada cukul vaksin pada pertengahan tahun depan sehingga semua orang di dunia bisa divaksinasi," katanya dalam wawancara dengan surat kabar Swiss, Neue Zuercher Zeitung.

"Booster juga seharusnya memungkinkan sejauh yang dibutuhkan," katanya, dikutip dari Reuters.

Terpisah, ilmuwan Inggris yang menciptakan vaksin AstraZeneca, Prof Dame Sarah Gilbert dari Oxford University menyebut virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 akan 'melemah' dan pada akhirnya akan menjadi seperti flu biasa.

"Kita sudah hidup dengan 4 jenis virus corona yang kita tidak terlalu pikirkan, dan pada akhirnya SARS-CoV-2 akan menjadi salah satunya," katanya, dikutip dari Standard.co.uk.

"Pertanyaannya cuma berapa lama hingga kita sampai sana dan langkah apa yang kita lakukan untuk mengelola sampai waktu tersebut," jelasnya.



Simak Video "Persiapan yang Harus Dilakukan untuk Menuju Endemi Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)