Senin, 27 Sep 2021 10:35 WIB

COVID-19 RI Melandai, Jika Naik Lagi Wamenkes Tuding Ini Biang Keroknya

Vidya Pinandhita - detikHealth
Jakarta -

Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) RI dr Dante Saksono Harbuwono menegaskan penyebab potensi gelombang kasus COVID-19 adalah temuan varian Corona baru. Mengingat kini, penambahan kasus baru COVID-19 RI relatif melambat.

Namun pada Juli 2021, Indonesia sempat mengalami lonjakan kasus COVID-19. Seiring momen libur Lebaran, muncul temuan varian Delta yang menular lebih cepat dibanding varian Corona lainnya.

"Penyebab utama gelombang kasus berikutnya adalah masuknya varian baru yang kita hindarkan, Walaupun kita sudah masuk fase di mana penurunan kasus yang kita terpapar varian Delta," ujarnya dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemulihan dan Pertumbuhan Sektor Parekraf secara daring, Senin (27/9/2021).

"Maka bukan tidak mungkin varian baru muncul lagi dan kita harus sama-sama menjaga diri dan menjaga supaya menjadi perhatian kita semua," sambung Wamenkes Dante.

Mengatasi risiko tersebut, Wamenkes menyebut ada penguatan sarana dan prasarana karantina di pintu-pintu masuk wilayah RI, serta peningkatan Whole Genome Sequencing (WGS) untuk sampel dari pintu masuk dan perbatasan luar negeri.

Upaya tersebut juga dibarengi dengan peningkatan target vaksinasi COVID-19 mencapai 10 juta dosis per minggu.

(vyp/up)