Senin, 27 Sep 2021 11:01 WIB

Konser dan Resepsi Bakal Diizinkan, Nggak Khawatir Gelombang-3 COVID-19?

Ayunda Septiani - detikHealth
konser Foto ilustrasi. (Foto ilustrasi: Shutterstock/)
Jakarta -

Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Pandu Riono menyetujui terkait diizinkannya penyelenggaraan kegiatan besar seperti konferensi, pameran dagang, acara olahraga, festival konser, pesta, maupun acara pernikahan besar.

Pandu menilai bahwa dengan kasus yang sudah cukup terkontrol, konser dan kegiatan besar lainnya dapat dilakukan namun harus diikuti dengan persyaratan yang ketat.

"Kalau levelnya sudah sesuai, boleh diizinkan, tapi dengan persyaratan," papar Pandu, kepada detikcom, Senin (27/9/2021).

"Kemarin sudah ada konser Jazz Bromo, itu izinkan karena sudah level 2, dan prokes 3 M ketat, kemudian ada tes antigen pada semua pemain dan pengunjung, dan sudah menggunakan aplikasi PeduliLindungi, jadi mereka yang menghadiri konser itu orang yang sudah divaksinasi," tambah Pandu.

Pandu juga menyebutkan, selama persyaratan diterapkan dengan baik dan terkontrol, kegiatan tersebut tidak akan meningkatkan risiko naiknya kasus COVID-19.

Dihubungi terpisah, Ahli epidemiologi dari Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) Dr Masdalina Pane pun juga menyetujui terkait kegiatan besar diizinkan.

"Dalam kondisi transmisi seperti sekarang menurut saya sudah bisa dilakukan sepanjang pedoman dan regulasi yang telah ditetapkan dipenuhi dan dipatuhi tentu dengan pengawasan yang ketat," pungkas Dr Pane.



Simak Video "Waspada Gelombang Ketiga Corona, Ayo Belajar dari 3 Bulan Lalu!"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/kna)