Senin, 27 Sep 2021 16:11 WIB

WHO Bentuk Tim Baru Bongkar Misteri Asal-Usul COVID-19 di China

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Tim peneliti WHO mendatangi Wuhan,China, untuk selidiki asal-usul virus Corona. Salah satu lokasi yang ddatangi tim peneliti WHO adalah Pasar Baishazhou. (Foto: AP Photo/Ng Han Guan)
Jakarta -

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akan kembali melakukan penyelidikan terkait asal-usul COVID-19. Rencananya tim penyelidik tersebut akan terdiri dari 20 ilmuwan yang ahli di bidangnya untuk mencari kemungkinan adanya bukti-bukti baru dari virus Corona.

Sebelumnya, WHO juga sudah melakukan penyelidikan tentang asal-usul Corona ini pada awal tahun 2021. Mereka melakukan kunjungan ke Wuhan, China, tempat virus itu dikonfirmasi pertama kali pada akhir 2019 lalu.

Namun, dari hasil penyelidikan pertama, mereka berpendapat bahwa data yang diberikan para ilmuwan China tidak cukup untuk menjawab pertanyaan soal asal-usul virus tersebut. Untuk itu, WHO akhirnya kembali membentuk tim penyelidikan virus Corona yang baru ini.

Pihak WHO mengatakan tim ilmuwan penyelidik yang baru nanti juga memiliki nama baru, yaitu 'Scientific Advisory Group for the Origins of Novel Pathogens'. Nantinya, mereka akan ditugaskan untuk memeriksa apakah virus Corona itu muncul dari laboratorium, melakukan penyelidikan yang luas terkait risiko virus COVID-19 di masa depan, serta melihat hubungannya dengan perilaku manusia.

Dikutip dari The Hill, tim ilmuwan baru tersebut akan terdiri dari spesialis di bidang keamanan laboratorium dan biosekuriti, serta pakar di bidang genetika dan penyakit hewan. Tak hanya itu, pihak Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) juga mengatakan penyelidikan ini akan membantu mempercepat penyelidikan tersebut.

Pembentukan tim penyelidik ini pun didesak oleh pejabat Amerika Serikat, salah satunya Menteri Luar Negeri Anthony Blinken. Ia mendesak Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus untuk segera memperbarui penyelidikan soal COVID-19 itu.



Simak Video "WHO: Kesempatan Terakhir Pencarian Asal-usul Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)