Selasa, 28 Sep 2021 09:40 WIB

Hindari 5 Minuman Ini Sebelum Tes Antigen, Bisa Picu Hasil Positif Palsu!

Rita Puspita Rachmawati - detikHealth
minuman soda kena virus corona Foto ilustrasi. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Tim peneliti menemukan lima minuman yang sebaiknya dihindari jika seseorang akan melakukan tes antigen. Pasalnya, lima minuman ini diketahui bisa membuat hasil tes antigen positif palsu.

Dikutip dari Express, Selasa, (28/9/2021) kelompok peneliti dari Tubingen University di Jerman baru-baru ini menerbitkan sebuah penelitian di International Journal of Infectious Disease yang juga mencatat efektivitas tes antigen COVID-19.

Tetapi, mereka menambahkan minuman sehari-hari tertentu dapat menyebabkan tes COVID positif palsu. Setidaknya, ada lima minuman yang dapat memberi hasil positif palsu pada tes antigen.

Menggunakan Abbott Panbio COVID-19 Ag Lateral For Test, mereka melaporkan lima minuman ini menyebabkan munculnya garis uji merah yang artinya positif COVID-19.

"Semua soft drink, energy drink, minuman alkohol, air mineral botolan, dan air mineral berkarbonasi menyebabkan munculnya garis merah," kata peneliti.

Tes antigen memungkinkan orang yang tidak memiliki gejala virus corona untuk melihat apakah mereka terinfeksi virus atau tidak.

Tim peneliti juga menyarankan jika seseorang akan melakukan tes antigen, sebaiknya lakukan di pagi hari sebelum makan dan minum apapun. Mereka percaya, dengan cara ini hasil yang dikeluarkan akan lebih akurat.

Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di Queen Mary University of London, University of Oxford, Institute for Advanced Studies, Wina, dan Medical University of Graz, menemukan tes ini 95 persen efektif dalam mendeteksi COVID-19 ketika digunakan sejak awal gejala.

Tes antigen lebih akurat memberikan hasil COVID-19 ketika diberikan selama minggu pertama gejala.

Para peneliti menemukan tes cepat mengidentifikasi COVID-19 dengan benar dalam rata-rata 78,3 persen kasus selama minggu pertama. Pada minggu kedua, rata-rata turun menjadi 51 persen.



Simak Video "Biaya Swab Antigen Turun, Maksimal Rp 99.000!"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)
d'Mentor
×
dMentor: Awas Manipulasi Robot Trading
d'Mentor: Awas Manipulasi Robot Trading Selengkapnya