Selasa, 28 Sep 2021 10:08 WIB

Studi Sebut Infeksi COVID-19 Bisa Picu Kondisi Langka Sindrom Guillain-Barre

Ayunda Septiani - detikHealth
ilustrasi pasien Corona sembuh Foto ilustrasi. (Foto ilustrasi: shutterstock)
Jakarta -

Sebuah studi baru di Brain, yang diterbitkan oleh Oxford University Press, menunjukkan bahwa infeksi COVID-19 dapat memicu sindrom Guillain-Barre (GBS).

Sindrom ini merupakan gangguan autoimun di mana sistem kekebalan tubuh seseorang mgejalenyerang saraf, menyebabkan kelemahan otot, dan terkadang bisa menyebabkan kelumpuhan.

Penyakit GBS dapat dipicu oleh infeksi bakteri atau virus. Kondisi ini bisa bertahan dalam beberapa pekan hingga tahun.

Sejak awal pandemi, dokter telah melaporkan lebih dari 90 kasus GBS yang berkaitan dengan COVID-19. Akan tetapi, pada saat itu masih belum diketahui apakah infeksi virus dalam kasus COVID-19 memang menjadi pemicu GBS atau keduanya tanpa sengaja terjadi di saat yang bersamaan.

Studi ini pun menggunakan data pasien GBS dari International GBS Outcome Study (IGOS) sejak 30 Januari 2020 hingga 30 Mei 2020 lalu. Peneliti menemukan, ada 49 pasien GBS lain yang berasal dari sembilan negara termasuk China, Italia, Spanyol, dan Britania Raya turut ditambahkan ke dalam studi selama periode tersebut.

Sebanyak 22 persen pasien GBS yang terlibat dalam penelitian sudah pernah terpapar COVID-19. Pasien-pasien tersebut berusia di atas 50 tahun.

Sebanyak 65 persen di antara pasien tersebut mengalami kelumpuhan wajah dan memiliki bentuk demielinasi GBS. Demielinasi sendiri merupakan sebuah kondisi yang bisa mengakibatkan kerusakan pada lapisan pelindung atau selubung mielin yang mengelilingi serabut saraf di otak, saraf optik, dan sumsum tulang belakang (spinal cord).

Di rumah sakit, ada 73 persen pasien GBS dengan COVID-19 mengalami peningkatan penanda inflamasi atau peradangan. Seluruh pasien ini memenuhi kriteria diagnostik untuk GBS dan COVID-19.

Peneliti menekankan bahwa mereka tidak menemukan adanya peningkatan jumlah pasien GBS di masa pandemi.



Simak Video "Persiapan yang Harus Dilakukan untuk Menuju Endemi Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/kna)
d'Mentor
×
dMentor: Awas Manipulasi Robot Trading
d'Mentor: Awas Manipulasi Robot Trading Selengkapnya