Selasa, 28 Sep 2021 11:23 WIB

Sukses dengan Vaksin COVID-19, Pfizer Akan Bikin Obat Anti-Corona

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
FILE - In this Nov. 9, 2020, file photo, a general view of Pfizer Manufacturing Belgium in Puurs, Belgium. Pfizer and BioNTech say theyve won permission Wednesday, Dec. 2, 2020, for emergency use of their COVID-19 vaccine in Britain, the world’s first coronavirus shot that’s backed by rigorous science -- and a major step toward eventually ending the pandemic.(AP Photo/Virginia Mayo, File) Foto: AP/Virginia Mayo
Jakarta -

Pfizer akan mulai pengujian obat antivirus oral yang ditujukan untuk mencegah infeksi COVID-19. Obat ini dirancang untuk memblokir enzim utama yang dibutuhkan virus Corona untuk berkembang biak.

Dikutip dari Reuters, obat dengan nama PF-07321332 ini diberikan bersama dengan ritonavir dosis kecil, antivirus yang digunakan dalam kombinasi dengan obat lain untuk mengobati HIV.

Studi tahap pertengahan hingga akhir akan menguji obat Pfizer, pada 2.660 peserta dewasa sehat berusia 18 tahun ke atas yang tinggal di rumah yang sama dengan individu dengan infeksi COVID-19 bergejala yang dikonfirmasi.

"Jika berhasil, kami percaya terapi ini dapat membantu menghentikan infeksi virus lebih awal, sebelum bereplikasi secara luas berpotensi mencegah penyakit simptomatik pada mereka yang telah terpapar dan menghambat timbulnya infeksi pada orang lain," kata pejabat ilmiah dan Ketua Penelitian, Pengembangan dan Medis Pfizer, Mikael Dolsten.

Pfizer juga telah memulai penelitian obat lain, PF-07321332, pada pasien dewasa tanpa gejala yang dirawat di rumah sakit.

Disebutkan antivirus ini tidak hanya dapat membantu mengobati orang yang tidak divaksinasi COVID-19, tetapi juga akan bermanfaat di negara-negara yang mereka perkirakan membutuhkan waktu beberapa tahun untuk membuat semua penduduknya divaksinasi sepenuhnya.



Simak Video "Obat-obatan Langka dan Mahal, Kemenkes: Jangan Panic Buying!"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)
d'Mentor
×
dMentor: Awas Manipulasi Robot Trading
d'Mentor: Awas Manipulasi Robot Trading Selengkapnya