Selasa, 28 Sep 2021 13:32 WIB

Bayi 10 Bulan Jadi Manusia Silver, Dokter Jelaskan Bahayanya

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Tubuh bayi dicat silver dan diajak mengemis ibunya di Tangerang, Banten Bayi berusia 10 bulan dijadikan 'manusia silver'. (Foto: Tangkapan layar video viral)
Jakarta -

Viral bayi berusia 10 bulan di Tangerang Selatan dijadikan 'manusia silver'. Tak sedikit orang yang merasa geram atas kejadian tersebut.

Pasalnya, kulit bayi masih sangatlah sensitif dan rentan iritasi jika terkena zat kimia tertentu. Terlebih bahan yang digunakan oleh manusia silver umumnya terbuat dari campuran cat sablon dan minyak tanah atau minyak goreng.

"Bayi berusia 10 bulan kerja organnya masih belum optimal seperti orang dewasa, begitu juga untuk kulitnya. Kulitnya itu lebih sensitif, lebih mudah untuk ditembus oleh bahan-bahan yang dioleskan, sehingga juga lebih mudah untuk timbul iritasi atau alergi," kata dr Arthur S Simon, SpKK, dokter spesialis kulit dari klinik Dokterkulitku, kepada detikcom, Selasa (28/9/2021).

"Mungkin kalau ada suatu masalah yang malah timbul pada kulitnya itu bisa langsung kelihatan setelah diolesi kulitnya jadi merah atau gatal-gatal," sambungnya.

Senada dengan dr Arthur, dokter spesialis kulit dari DNI Skin Centre, dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK(K), mengatakan penggunaan cat minyak pada bayi dan anak-anak dapat menimbulkan radang pada kulit, bahkan iritasinya bisa terjadi dalam hitungan menit setelah pemakaian.

"Penggunaan cat minyak biasanya digunakan dalam produksi tekstil, apabila digunakan pada bayi atau anak-anak yang kulitnya masih tipis dan sensitif tentunya dapat menimbulkan risiko radang pada kulit, yang dalam dunia medis dikenal dengan dermatitis kontak," ucap dr Darma dalam wawancara terpisah, Selasa (28/9/2021).

"Gejalanya seperti kulit kemerahan, gatal, perih. Pada kondisi yang parah dapat menyebabkan iritasi hingga timbul lepuhan pada kulit," lanjutnya.

Menurut dr Darma, iritasi yang terjadi bisa di seluruh permukaan kulit yang diolesi cat tersebut. Maka dari itu, sangat tidak diperkenankan bayi dan anak-anak dijadikan sebagai manusia silver.



Simak Video "Saat Pensiunan Polri Jadi Manusia Silver Lalu Ditangkap Satpol PP"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/kna)