Selasa, 28 Sep 2021 17:02 WIB

IGD di Singapura Sempat Dikabarkan Kolaps, Ternyata Ini Faktanya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Singapura melaporkan kasus gejala berat dan angka pasien Corona rawat inap meningkat beberapa hari terakhir. Ratusan orang terinfeksi dari klaster perkantoran hingga asrama. Fakta soal IGD di Singapura yang disebut sempat kolaps. (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Duta Besar Indonesia untuk Singapura, Suryo Pratomo, merespons kabar yang menyebutkan bahwa instalasi gawat darurat (IGD) di Singapura sempat kolaps. Disebut hal itu disebabkan karena banyaknya pasien COVID-19 yang dirawat di sana.

Menanggapi ini, Suryo mengatakan bahwa sebenarnya IGD di Singapura tidak sepenuh yang dilaporkan. Ia menjelaskan bahwa hal itu disebabkan banyaknya orang yang mengunjungi rumah sakit.

"Orang Singapura saat ini cenderung merasa tidak enak badan sedikit, ke rumah sakit. Dan itu yang ramai diberitakan di Indonesia, seakan-akan orang penuh di IGD," jelas Suryo dalam konferensi pers virtual, Selasa (28/9/2021).

"IGD itu tidak penuh, tapi pemerintah Singapura mencoba sekarang beban itu (pasien COVID-19) jangan masuk ke rumah sakit," lanjutnya.

Suryo mengungkapkan untuk mengurangi beban rumah sakit, pasien COVID-19 yang hanya mengalami kondisi yang ringan akan diarahkan ke klinik. Sebab, klinik di Singapura sudah diminta untuk melakukan pemeriksaan orang-orang yang terinfeksi Corona.

Berdasarkan data yang ada, lanjut Suryo, jumlah orang yang dirawat di rumah sakit itu jumlahnya sangat kecil. Tetapi, peningkatan angka bed occupancy rate (BOR) mulai terjadi pada 5 September 2021 lalu.

"Bisa kita lihat bahwa orang yg dirawat jumlahnya cukup kecil. Tapi sempat sekali lagi pada tanggal 5 September itu kasusnya meningkat sehingga kemudian angka bed occupancy rate (BOR) cukup tinggi," kata Suryo

"Ini yang kemudian menjadi masalah. Kalau kita lihat sekarang sudah menurun karena sebagian dirawat di isolasi mandiri," pungkasnya.



Simak Video "Situasi Lonjakan Covid-19 Singapura: Ada 15 Klaster Besar"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/fds)