Rabu, 29 Sep 2021 05:30 WIB

6 Pasar Tradisional Ini Mulai Menerapkan Aplikasi PeduliLindungi

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
PPKM level 3 di Jakarta membuat aktivitas di sejumlah pusat perbelanjaan kembali bergeliat. Salah satunya di Pasar Mayestik. Uji coba penggunaan aplikasi PeduliLindungi di pasar tradisional. (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Pemerintah Indonesia mulai melaksanakan uji coba terkait penerapan aplikasi PeduliLindungi di beberapa pasar tradisional. Hal ini merupakan bagian dari komitmen pemerintah untuk merealisasikan kehidupan yang aman dari COVID-19.

Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito pun menyebutkan beberapa pasar tradisional yang telah menerapkan uji coba penggunaan aplikasi PeduliLindungi. Berikut sebarannya:

  • Pasar Mayestik di DKI Jakarta
  • Pasar Blok M di DKI Jakarta
  • Pasar Baltos di Bandung
  • Pasar Modern BSD di Tangerang Selatan
  • Pasar Modern 8 Alam Sutera di Tangerang
  • Pasar Wonodri di Semarang

"Penerapan aplikasi PeduliLindungi di pasar tradisional merupakan bagian dari komitmen pemerintah untuk merealisasikan hidup yang produktif dan aman COVID-19," kata Wiku dalam konferensi pers, Selasa (28/9/2021).

Sebelumnya, penggunaan aplikasi PeduliLindungi di pasar tradisional atau pasar basah sudah disinggung oleh Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin. Ia pun menyebutkan aktivitas lainnya yang juga akan mulai mewajibkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi.

"Ada enam aktivitas yang kita ingin pastikan untuk implementasi protokol kesehatannya baik dan berbasis teknologi digital. Pertama perdagangan ini bisa mal atau departemen store, atau pasar basah, atau toko-toko tradisional. Kemudian aktivitas berikutnya yang ramai kerumunan dan menjadi klaster adalah transportasi baik darat, laut, udara," terang Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam Rapat Kerja DPR RI Komisi IX, Senin (13/9/2021).



Simak Video "Seperti PeduliLindungi, Ini 5 Aplikasi Tracing Covid-19 di Negara Lain"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/fds)