Selasa, 28 Sep 2021 21:30 WIB

Warga Desa Ini Diserang Penyakit Tidur Misterius, Peneliti Ungkap Penyebabnya

Ayunda Septiani - detikHealth
It is too early for meeting. Closeup portrait sleepy young woman with wide open mouth yawning eyes closed looking bored isolated grey wall background. Face expression emotion body language Ilustrasi ngantuk. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

Beberapa tahun lalu wabah misterius menyelimuti desa Kalachi di Kazakhstan. Desa tersebut dijuluki dengan "Sleep Hollow" karena penduduknya mengidap penyakit misterius yang menyebabkan mereka tertidur pulas hingga beberapa hari.

Pada 2012 hingga 2015 silam, sekitar 160 orang dilaporkan sempat terjangkit wabah ini. Dikutip dari laman Azkh, penduduk desa mulai mengeluh soal rasa kantuk yang hebat disertai dengan mual dan halusinasi aneh pada Maret 2013.

Pada saat itu, beberapa warga setempat tertidur pulas hingga beberapa hari tanpa terbangun. Hal ini membuat dokter kesulitan untuk mendiagnosis para pasien.

Sebagian penduduk yang mengalami penyakit ini sebelumnya terlihat sadar dan sehat. Anehnya, setelah mereka terbangun, para penduduk mengaku tidak mengingat apa yang terjadi sebelumnya.

Pada saat itu belum jelas apa penyebab sindrom misterius. Beberapa ahli memperkirakan penyakit ini disebabkan oleh sumber air yang terkontaminasi hingga kadar konsumsi alkohol warga.

Disebutkan kemungkinan ada efek gas uranium beracun di desa tersebut. Gas ini juga yang mencemari sumber air desa, membuat orang-orang lebih banyak tidur dari biasanya.

Hingga kemudian penelitian telah mengungkapkan bahwa jumlah gas karbon monoksida dalam air tinggi yang menyebabkan orang tidur selama berbulan-bulan.

Semuanya terjadi karena penyatuan karbon monoksida dengan partikel hidrokarbon yang ada di atmosfer tempat itu.

Krasnogorsk dulunya adalah pusat pertambangan dengan populasi 6.500 orang. Wilayah itu telah menyediakan biji uranium untuk industri nuklir Uni Soviet sejak 1960-an.



Simak Video "Cara Sembuhkan Vaginismus"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/fds)