Rabu, 29 Sep 2021 12:40 WIB

3 Jenis Buta Warna, Apakah Kamu Alami Salah Satunya?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Cuma yang Matanya Sempurna Melihat Warna Bisa Menebak Hewan di Gambar Ini Tes buta warna, bisa lihat hewan ini? Foto: detikhealth
Jakarta -

Buta warna terjadi ketika seseorang tidak dapat membedakan warna tertentu. Tapi jangan bayangkan orang yang buta warna hanya bisa melihat warna hitam dan putih saja ya.

Dikutip dari Healthline, buta warna adalah kondisi kualitas penglihatan kurang baik karena ada masalah pada pigmen reseptor warna. Mata memiliki saraf khusus yang bisa bereaksi pada warna dan cahaya.

Buta warna biasanya sesuatu yang dimiliki sejak lahir tetapi juga bisa mendapatkannya di kemudian hari. Perubahan penglihatan warna dapat menandakan kondisi yang lebih serius. Siapa pun yang mengalami perubahan signifikan dalam persepsi warna harus menemui dokter mata.

Ada tiga jenis buta warna yang umum. Berdasarkan sel pigmen mana yang rusak, buta warna juga bisa dibagi menjadi tiga jenis, yaitu buta warna merah-hijau dan buta warna biru-kuning, dan total.

1. Buta warna merah-hijau

Buta warna merah-hijau adalah jenis paling umum dari kondisi ini. Jenis buta warna ini membuat sulit untuk membedakan antara warna merah dan hijau.

2. Buta warna biru-kuning

Buta warna biru-kuning lebih jarang daripada buta warna merah-hijau, meskipun buta warna merah-hijau sering menyertainya. Dengan jenis buta warna ini, pengidapnya mengalami kesulitan membedakan antara biru dan hijau, serta antara kuning dan merah.

3. Buta warna total

Buta warna total jarang terjadi. Jenis buta warna ini, juga disebut achromatopsia, terjadi ketika semua kerucut mata tidak berfungsi atau hilang.

Beberapa ahli mempertimbangkan jenis lain dari buta warna, monokromasi kerucut biru, sebagai bentuk achromatopsia karena melibatkan kekurangan sebagian atau seluruh penglihatan warna.

Salah satu tes yang dilakukan untuk mendiagnosis buta warna adalah tes Ishihara. Tes ini dilakukan dengan cara memperlihatkan gambar dan angka tertentu.

Namun, tes buta warna ini hanya bisa digunakan untuk mendeteksi buta warna hijau-merah. Salah satu contohnya bisa kamu lihat di bawah ini. Kalau kesulitan, bisa jadi kamu mengidap buta warna hijau-merah.

Cuma yang Matanya Sempurna Melihat Warna Bisa Menebak Hewan di Gambar IniCuma yang Matanya Sempurna Melihat Warna Bisa Menebak Hewan di Gambar Ini Foto: detikhealth


Simak Video "Fakta Soal Mata Bengkak Gara-gara Sering Main Handphone"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)