Penting! Makanan yang Boleh dan Tidak Boleh Dimakan Setelah Vaksin COVID-19

ADVERTISEMENT

Penting! Makanan yang Boleh dan Tidak Boleh Dimakan Setelah Vaksin COVID-19

Rita Puspita Rachmawati - detikHealth
Rabu, 29 Sep 2021 17:30 WIB
Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (Kowani) Giwo Rubianto Wiyogo meninjau pemberian vaksinasi COVID 19 di RPTRA Amir Hamzah, Jakarta, Rabu(29/9/21). Kegiatan bakti sosial dan mobil vaksin door to door untuk masyarakat umum dengan jenis vaksin sinovac, astrazeneca dan modena dengan penerapan protokol kesehatan untuk mempercepat target vaksinasi pemerintah guna menciptakan kekebalan kelompok.
Makanan yang tidak boleh dimakan setelah vaksin (Foto: Agung Pambudhy)

2. Makanan yang bersifat anti inflamasi

Makanan yang memiliki sifat anti inflamasi dapat meredakan efek vaksinasi. Ketika tubuh menyiapkan imunitas yang lebih kuat, efeknya bisa seperti mual.

"Salah satu tanda tubuh tengah berfungsi adalah dengan mengalami inflamasi akut dengan gejala-gejala yang sangat tidak nyaman, baik nyeri maupun demam," kata dr Leong Moh Ying selaku direktur medis dari klinik B&Co.

Sifat anti inflamasi yang ada pada makanan disebut dapat membantu tubuh kembali netral dari radikal bebas yang masuk. Makanan yang bersifat anti inflamasi misalnya minyak zaitun, minyak ikan, kacang-kacangan, rempah seperti jahe, kunyit dan lainnya, sayuran hijau serta masih banyak makanan lainnya.



Simak Video "Yang Perlu Diketahui soal Booster Kedua Vaksin Covid-19 untuk Lansia"
[Gambas:Video 20detik]

(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT