Rabu, 29 Sep 2021 19:30 WIB

Hati-Hati! Nyeri Dada yang Seperti Ini Bisa Jadi Pertanda Sakit Jantung

Salwa Aisyah Sheilanabilla - detikHealth
Ilustrasi seorang wanita yang mengalami nyeri di bagian dadanya Nyeri dada yang menjadi pertanda penyakit jantung. (Foto ilustrasi: Thinkstock)

Oleh karena itu, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui apakah nyeri dada yang dialami disebabkan penyakit jantung atau karena asam lambung.

Sementara nyeri dada akibat COVID-19 bisa terjadi karena beberapa hal, seperti radang selaput pembungkus jantung (perikarditis), radang otot jantung (miokarditis) atau ada serangan jantung karena pembentukan bekuan darah yang menyumbat arteri koroner. Sebab, COVID-19 bisa berpotensi menimbulkan gangguan pembekuan darah.

Gejala potensi penyakit jantung lain yang harus diwaspadai, di antaranya sesak dan cepat lelah saat beraktivitas, mengalami gangguan irama jantung, syncope (pingsan), dan berbagai gejala lainnya.

"Hal yang harus dilakukan jika merasakan gejala-gejala tersebut adalah segera berobat ke dokter untuk memastikan penyebabnya dengan melakukan pemeriksaan khusus, sekaligus memberikan terapi sesuai kelainan yang didapatkan," ujar dr Bambang.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(up/up)