Jumat, 01 Okt 2021 09:06 WIB

Hari Kopi Sedunia, Ini Manfaat Minum Kopi Setiap Hari

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Coffee cup and beans on old kitchen table. Top view with copyspace for your text Hari Kopi Sedunia 1 Oktober. (Foto: Getty Images/iStockphoto/karandaev)

4. Mencegah penyakit otak

Alzheimer adalah penyakit neurodegeneratif yang paling umum dan penyebab utama demensia di seluruh dunia. Kondisi ini biasanya menyerang orang berusia di atas 65 tahun, dan tidak ada obat yang diketahui.

Namun, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit ini sejak awal. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko penyakit Alzheimer hingga 65% lebih rendah.

5. Melindungi hati

Hati Anda adalah organ luar biasa yang menjalankan ratusan fungsi penting. Beberapa penyakit umum terutama mempengaruhi hati, termasuk hepatitis, penyakit hati berlemak dan banyak lainnya.

Para penikmat kopi harus tahu, banyak dari kondisi ini dapat menyebabkan sirosis. Menariknya, kopi dapat melindungi terhadap sirosis. Orang yang minum 4 cangkir atau lebih per hari memiliki risiko hingga 80% lebih rendah.

6. Meningkatkan mood

Kafein mampu meningkatkan suasana hati atau mood. Suasana hati yang baik ini pada akhirnya akan membantu penurunan depresi. Bahkan riset menemukan kopi membantu mencegah risiko bunuh diri.

Dikutip dari The Healthy, studi pada 2013 oleh Harvard School of Public Health menemukan mereka yang minum 2-3 cangkir kopi berkafein sehari mengurangi risiko bunuh diri hingga 45%.

Hari Kopi Sedunia bisa dirayakan dengan meminum segelas kopi pagi ini. Tapi tetap perlu diingat, konsumsi dalam jumlah berlebihan juga berdampak pada kesehatan Anda.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Ngopi Agar Nggak Ngantuk di Jalan, Efektif?"
[Gambas:Video 20detik]

(kna/kna)