Minggu, 03 Okt 2021 15:35 WIB

Round Up

Benarkah Susu Kental Manis Tidak Boleh Diseduh? Ini Faktanya

Salwa Aisyah Sheilanabilla - detikHealth
Kental Manis-Susu Benarkah susu kental manis tidak boleh diseduh? (Foto: shutterstock)

Konsumsi SKM berlebih pun bisa menimbulkan berbagai risiko, di antaranya:

Risiko minum SKM berlebih:

1. Obesitas

SKM kaya akan gula diproses dengan sangat cepat oleh tubuh, sehingga bisa membuat seseorang lebih cepat lapar. Selain itu, susu kental manis, bisa membuat seseorang lebih menyukai makanan manis dan mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang dibutuhkan. Pola makan seperti itu bisa menyebabkan obesitas.

2. Resistensi insulin

Resistensi insulin merupakan penyakit di mana sel-sel tubuh tidak dapat lagi menggunakan gula darah dengan baik. Resistensi insulin berisiko tinggi menyebabkan diabetes tipe 2, kolesterol tinggi, perlemakan hati, arteriosklerosis, penyakit arteri koroner, dan gangguan siklus menstruasi pada wanita.

Meski berlabel susu, BPOM menjelaskan susu kental manis tidak boleh digunakan sebagai pengganti susu cair dan susu bubuk untuk anak, tetapi hanya sebagai topping atau campuran makanan.

3. Kerusakan organ

Dibanding produk susu lain, SKM mengandung sodium yang kadarnya di luar daya cerna ginjal anak di bawah 1 tahun sehingga bisa memicu terjadinya malfungsi pada ginjal yang masih berkembang pada tubuh anak.

4. Batuk

Tingginya kandungan lemak dan gula dalam SKM dapat meninggalkan lendir di tenggorokan sehingga mengganggu saluran udara. Inilah yang kemudian menyebabkan batuk pada anak.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Cara Tingkatkan Saturasi Oksigen Bagi Pasien Covid-19 yang Obesitas"
[Gambas:Video 20detik]