Senin, 04 Okt 2021 17:45 WIB

Apakah Setelah Vaksin Boleh Minum Es? Boleh Sih, Tapi Begini Catatan Dokter

Vidya Pinandhita - detikHealth
PMI menggelar vaksinasi COVID-19 kepada warga di Kota Bekasi. Sebanyak 1000 dosis vaksin Pfizer disuntikkan kepada warga masyarakat hari ini. Ilustrasi vaksinasi COVID-19. (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Apakah setelah vaksin boleh minum es? Bagi yang masih kebingungan soal ini bisa melihat jawaban organisasi kesehatan dunia WHO di situsnya.

WHO menjelaskan, tidak ada makanan atau minuman tertentu yang dilarang dikonsumsi setelah vaksinasi, termasuk vaksinasi COVID-19. Sebab, makanan dan minuman yang masuk ke tubuh pada tidak memengaruhi kerja vaksin COVID-19.

"Efektivitas vaksin tidak terpengaruh oleh makanan atau minuman yang dikonsumsi sebelum atau sesudah vaksinasi," dikutip dari laman WHO, Senin (4/10/2021).

Selain menjawab boleh tidaknya minum es setelah vaksin, WHO juga menjelaskan beberapa poin yang harus diperhatikan

Apakah setelah vaksin boleh minum es?

1. Harus banyak minum air putih setelah vaksinasi COVID-19

Mengacu pada laman Unicef India, orang yang baru saja menerima vaksin COVID-19 sangat dianjurkan untuk minum banyak air putih. Pasalnya, air putih diyakini efektif membantu tubuh mengantisipasi efek samping yang mungkin timbul pasca disuntik vaksin. Misalnya demam dan kelelahan.

"Tetap terhidrasi sangat penting baik sebelum dan sesudah vaksinasi Anda. Efek samping yang paling umum dari vaksin termasuk nyeri otot, kelelahan, sakit kepala, dan demam," dikutip dari laman Unicef India, dikutip Senin (4/10/2021).

"Menjadi terhidrasi dengan baik tidak hanya akan mencegah Anda merasa sakit tetapi juga dapat membantu mempersingkat durasi dan intensitas efek samping," lanjutnya.

2. Perlu dibarengi istirahat cukup

Dalam kesempatan lainnya, dokter keluarga dari Stat Medical Clinic, Singapura, Dr Ng Joon Hwee menyebut minum air putih untuk mengatasi demam yang bisa muncul setelah divaksin COVID-19 perlu dibarengi dengan istirahat cukup.

Tak hanya untuk meminimalkan risiko munculnya demam, melainkan juga mempercepat pemulihan jika demam muncul pasca vaksinasi.

"Minum banyak air untuk menjaga tingkat hidrasi tubuh tidak hanya akan membantu mengurangi kemungkinan terkena demam setelah vaksinasi, tetapi juga mengurangi derajat atau durasi penyakit, demam dan mempercepat pemulihan," terangnya dikutip dari The Strait Times, Kamis (30/9/2021).

Jadi, apakah setelah vaksin boleh minum es? Boleh, tapi hati-hati! Ada catatan dari dokter di halaman selanjutnya.

3. Boleh minum air es, tapi bukan minuman beralkohol

Apakah setelah vaksin boleh minum es? Jawabannya, boleh-boleh saja. Akan tetapi, orang yang baru menerima vaksin COVID-19 amat dianjurkan untuk tidak mengonsumsi minuman beralkohol, apalagi dibarengi merokok tembakau.

Meski belum ada penelitian yang membuktikan efek minuman beralkohol terhadap kerja vaksin, peneliti meyakini alkohol bisa mengganggu kekebalan tubuh meski sudah divaksin COVID-19.

"Disarankan untuk menghindari konsumsi tembakau atau alkohol karena dapat memperburuk dan memperburuk efek samping vaksin membuat pengalaman lebih stres dan tidak baik," tertulis dalam laman Unicef India.

"Alkohol juga mempengaruhi sistem kekebalan tubuh secara negatif dan ada kemungkinan respon imun terhadap vaksin mungkin tidak efektif jika ada alkohol yang berlebihan dalam sistem," sambung dalam laman tersebut.

Jadi, apakah setelah vaksin boleh minum es? Boleh saja kok! Tapi pastikan yang diminum adalah air putih, dibarengi istirahat cukup, serta hindari konsumsi minuman beralkohol ya!



Simak Video "Alasan WHO Akhirnya Luluh soal Vaksin Covid-19 Dosis Ketiga"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/row)