Selasa, 05 Okt 2021 13:45 WIB

Heboh Pengakuan Korban Reynhard Sinaga, Bisa Trauma Seumur Hidup

Ayunda Septiani - detikHealth
On one occasion, Sinaga was filmed on CCTV leaving the block where he lived and returning within a minute with his next victim.
Photograph: Facebook Foto ilustrasi. (Foto ilustrasi: Facebook via The Guardian)
Jakarta -

Salah satu korban dari predator seks Reynhard Sinaga angkat bicara soal kronologi dirinya pernah dilecehkan.

Ia bernama Daniel, Daniel mengaku sulit untuk bisa bicara tentang apa yang ia alami saat menjadi korban pelecehan seksual Reynhard Sinaga. Membutuhkan keberanian dan waktu yang panjang untuk akhirnya buka suara.

Bisakah korban predator seks Reynhard Sinaga mengalami trauma seumur hidup?

Psikolog klinis dari Personal Growth, Veronica Adesla, MPsi, menyebutkan, kemungkinan korban bisa saja mengalami trauma seumur hidup.

"Kemungkinan selalu ada, jadi kalau misalnya dia hidup dengan PTSD yang prolog yang berkepanjangan, walaupun sudah membaik tapi masih ada bagian yang traumatik, jadi mungkin saja bisa terjadi seperti itu," jelas Vero kepada detikcom, Selasa (5/10/2021).

Jangankan soal kasus ini, memiliki pengalaman naik sepeda dan terjatuh waktu kecil juga bisa memicu trauma berkepanjangan, Vero menyebut hal demikian juga masih menghantui beberapa orang.

Dijelaskan oleh Vero, biasanya kasus pelecehan seksual ini dialami oleh wanita, padahal itu bisa saja terjadi pada siapapun.

"Efek kepada laki-laki, ketika dia mengalami pelecehan seksual, dia merasa jadi malu iya, musti menghadapi stigma juga, bisa jadi kehilangan kepercayaan diri," pungkas Vero.



Simak Video "Saran Psikolog Bagi Para Korban Pelecehan Seksual"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/naf)