Rabu, 06 Okt 2021 12:15 WIB

Ma'ruf Amin Prediksi Herd Immunity COVID-19 Tercapai Pertengahan 2022

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Wakil Presiden Maruf Amin memimpin rapat percepatan pengentasan kemiskinan secara virtual Wapres Ma'ruf Amin (Foto: dok. Setwapres)
Jakarta -

Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan Indonesia mungkin baru akan mencapai target 70 persen vaksinasi COVID-19 pada 7 bulan mendatang. Pasalnya, saat ini cakupan vaksinasinya masih terbilang rendah.

"Artinya, masih diperlukan kerja keras untuk mencapai herd immunity 70 persen cakupan vaksinasi pertama dan kedua," kata Ma'ruf Amin dalam seminar online, Rabu (6/10/2021).

Berdasarkan catatan Kementerian Kesehatan, kata Ma'ruf Amin, saat ini rata-rata vaksinasi harian per minggu telah mencapai 1,4 juta dosis per hari.

"Dengan kecepatan vaksinasi tersebut, diperkirakan masih dibutuhkan 7 bulan dari sekarang, atau sekitar pertengahan 2022, untuk mencapai cakupan 70 persen," jelasnya.

"Bila kita menginginkan proses vaksinasi selesai pada akhir 2021, kecepatan vaksinasi perlu ditingkatkan menjadi 2,5 juta vaksinasi per hari," sambungnya.

Ia pun berharap TNI/Polri dapat membantu meningkatkan vaksinasi COVID-19 di Indonesia, terutama di daerah-daerah yang masih rendah cakupan vaksinasinya.

Sementara itu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin sebelumnya mengatakan saat ini jumlah orang yang divaksinasi dalam per harinya sudah melebihi 2 juta orang.

"Kita sudah melampaui 2 juta suntikan per hari di bulan September ini," kata Menkes Budi, Senin (4/10/2021).

Kemudian total vaksin COVID-19 yang sudah diterima Indonesia saat ini ada sebanyak 222 juta dosis. Sebanyak 193 juta dosis di antaranya sudah dikirimkan ke berbagai daerah lain.

"Sudah disuntikkan 148 juta. Jadi total stok yang ada di kita masih ada di kisaran 70 jutaan, masih cukup banyak," tuturnya.



Simak Video "Menkes RI: Herd Immunity Bantu Terhindar Masuk Rumah Sakit"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/kna)