Kamis, 07 Okt 2021 18:30 WIB

Diserang Demam Misterius, 24 Anak di India Meninggal

Rita Puspita Rachmawati - detikHealth
Close-up Of Hand Checking Girls Ear With Digital Thermometer Ilustrasi. Foto: iStock
Jakarta -

Demam misterius menyerang bagian Haryana, wilayah Utara di India. Demam misterius ini setidaknya menewaskan 24 anak. Bahkan, delapan di antaranya meninggal dunia selang beberapa jam setelah terkena demam tersebut.

Di awal Oktober, dilaporkan tiga anak meninggal di rumah sakit di Palwal karena demam misterius ini. Ketiganya berusia tujuh tahun, tiga bulan, dan sembilan hari. Penambahan ini membuat total korban meninggal akibat demam misterius ini menjadi 24 anak.

Orang tua anak berusia tujuh tahun menceritakan sang anak terserang demam misterius ini pada Kamis (30/9/2021) malam. Setelah itu, ia membawa anaknya ke rumah sakit namun sang anak meninggal keesokan harinya.

Sedangkan anak yang berusia tiga bulan mengalami demam pada Jumat pagi. Namun, anak itu meninggal beberapa jam setelah dibawa ke fasilitas kesehatan.

Departemen Kesehatan Haryana menyebut pihaknya masih belum bisa mengidentifikasi penyebab demam misterius itu.

Mereka juga melakukan tes darah kepada anak yang meninggal untuk mengidentifikasi penyakit yang dideritanya.

"Sampel telah dikumpulkan untuk mengidentifikasi penyebab di balik demam misterius itu," kata Pejabat Departemen Kesehatan Haryana.

Otoritas Kesehatan Haryana juga belum memberikan informasi terkait penyebab kematian delapan anak tadi. Tetapi ada dugaan bahwa mereka terkena demam berdarah. Pasalnya, hasil penelusuran menemukan gejala demam dan jumlah trombosit yang rendah di sebagian besar kasus.

Selanjutnya
Halaman
1 2