Sabtu, 09 Okt 2021 17:10 WIB

5 Langkah Pertolongan Pertama Mengobati Sakit Perut

Firdaus Anwar - detikHealth
Asian woman stomachache, feel pain for period conceptAsian woman stomachache, feel pain for period concept Pertolongan pertama saat sakit perut. (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/Nattakorn Maneerat)
Jakarta -

Sakit perut bisa muncul karena berbagai sebab dan dapat berpengaruh pada aktivitas sehari-hari. Salah satu penyebab yang paling umum adalah karena kembung yang memicu rasa tidak nyaman.

Sakit perut yang ringan seperti ini biasanya akan membaik sendiri. Hanya saja ada beberapa hal yang diketahui bisa jadi cara mengobati sakit perut agar bisa reda lebih cepat.

Dikutip detikcom dari berbagai sumber, berikut langkah-langkah pertolongan pertama sakit perut:

1. Minum air putih

Tubuh membutuhkan cairan untuk bisa mencerna dan memproses nutrisi pada makanan dengan baik. Saat seseorang mengalami dehidrasi maka proses pencernaan bisa semakin sulit dilakukan dan hal ini meningkatkan risiko terjadinya sakit perut.

Karena itu disarankan menjaga kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih. Para ahli menyarankan orang dewasa minum 2-3 liter air putih setiap hari.

2. Jangan berbaring

Rasa sakit perut juga bisa muncul ketika asam naik dari lambung. Karena itu orang-orang tidak disarankan berbaring bila baru selesai makan.

Bila memang harus berbaring maka tempatkan bantal atau benda lain yang bisa berfungsi sebagai penyanggah kepala. Tujuannya agar posisi kepala lebih tinggi dari tubuh sehingga asam lambung tidak terlalu naik ke saluran pencernaan bagian atas.

3. Konsumsi mint atau jahe

Beberapa studi melihat tumbuhan seperti mint atau jahe dapat berfungsi sebagai 'pelega' nyeri perut. Ini berkat kandungan di dalam mint dan jahe yang bermanfaat melancarkan otot-otot saluran cerna.

4. Mandi atau kompres air hangat

Mandi atau kompres dengan air hangat juga bisa membantu membuat rileks otot-otot saluran cerna. Hal ini disebut akan mengurangi rasa tidak nyaman pada perut.

5. Air kelapa

Air kelapa juga bisa jadi obat sakit perut alami. Kandungan potasium and magnesium di dalam air kelapa diketahui dapat meredakan nyeri akibat keram atau kejang otot saluran cerna.

Air kelapa juga baik dalam memenuhi kebutuhan cairan tubuh.



Simak Video "Kenapa Saat Demam Dianjurkan Banyak Minum Air Putih?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)