Minggu, 10 Okt 2021 05:00 WIB

Nikkei: Indeks Pemulihan COVID-19 RI Tertinggi di ASEAN, Filipina Terendah

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Corona virus under magnifying glass. Observation made by virologists in the laboratory with microscope.  Red heart shaped coronavirus being mutated through genome modification. 3D rendering. Indeks pemulihan COVID-19 Nikkei menempatkan Indonesia di urutan ke-54 (Foto: Getty Images/iStockphoto/Stockcrafter)
Jakarta -

Daftar terbaru indeks pemulihan COVID-19 atau COVID-19 recovery index oleh Nikkei menempatkan Indonesia di urutan ke-54 dari 121 negara yang diteliti. Peringkat ini tertinggi di antara negara-negara Asia tenggara.

Berdasarkan data yang dihimpun hingga 30 September, Indonesia berbagi posisi dengan Yordania, Meksiko, dan Korea Selatan yang sama-sama mendapat skor 54,5. Skor total merupakan akumulasi dari 3 kategori penilaian yakni manajemen infeksi, pemberian vaksin, dan mobilitas.

Pada daftar sebelumnya yang dirilis Juli 2021, Indonesia ada di peringkat ke-92. Negara lain di ASEAN yang mengalami peningkatan adalah Malaysia, dari peringkat ke-115 naik ke peringkat ke-102.

Tiga negara ASEAN yakni Filipina, Laos, dan Vietnam menempati 4 terbawah dalam daftar ini. Vietnam ada di urutan ke-118 dengan skor 33, Laos ke-120 dengan 31,5, dan Filipina sebagai juru kunci di urutan ke-121 dengan skor 30,5.

Jumlah kasus COVID-19 di Filipina sebenarnya mulai turun sejak mengalami puncak kedua pada 29 September. Namun soal vaksinasi, baru 30 persen populasi negara ini yang sudah vaksinasi lengkap, terendah di ASEAN.

Terkait vaksinasi, Vietnam mencatatkan skor sempurna pada subkategori penilaian 'new doses per capita'. Sementara Singapura, turun 56 peringkat menjadi urutan ke-70 akibat lonjakan kasus yang terjadi belakangan ini.

Empat negara timur tengah, termasuk Bahrain dan Uni Emirat Arab, menempati 10 besar dalam daftar indeks pemulihan COVID-19 terbaru Nikkei. Hong Kong ada di peringkat ke-7, tertinggi di Asia, sedangkan Jepang naik 58 peringkat menjadi urutan ke-14.

Daftar 10 besar negara dengan indeks pemulihan COVID-19 menurut Nikkei bisa disimak di halaman berikut.

Selanjutnya
Halaman
1 2