Selasa, 12 Okt 2021 15:43 WIB

Fibromyalgia Jadi Salah Satu Pemicu Depresi Ken Chu 'F4', Kondisi Apa Itu?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Ken Chu Foto: Instagram kenchu9
Jakarta -

Mantan pemain drama Meteor Garden yang berperan sebagai Xi Men, Ken Chu, mengaku tidak memiliki pekerjaan dan sempat mengalami depresi. Tak hanya itu, di awal September lalu, ia juga menjelaskan soal penyakit fibromyalgia yang diidapnya sejak 2016 lalu.

"Saya dapat memilih untuk tidak peduli dan bertaruh, tetapi jika anak saya mewarisi kondisi tersebut, bukankah itu berarti saya telah mengecewakan mereka?" kata Ken, dikutip dari AsiaOne, Selasa (12/10/2021).

Ken merasa kesakitan sepanjang waktu akibat kondisi yang dialaminya ini. Fibromyalgia juga menjadi alasan kenapa dirinya jarang terlihat dalam pekerjaan di usia 30 tahun, dan mudah depresi saat itu.

Apa fibromyalgia itu?

Fibromyalgia merupakan suatu gangguan yang ditandai dengan nyeri muskuloskeletal yang meluas disertai dengan kelelahan, tidur, memori dan masalah suasana hati. Para peneliti percaya bahwa fibromyalgia ini memperkuat sensasi yang menyakitkan dengan mempengaruhi cara otak dan sumsum tulang belakang memproses sinyal, baik yang menyakitkan maupun tidak.

Meskipun tidak ada obat khusus untuk mengatasi fibromyalgia, ada beberapa obat yang bisa digunakan untuk membantu mengendalikan gejalanya. Selain obat, latihan relaksasi dan tindakan pengurangan stres juga bisa membantu.

Apa penyebab dari kondisi ini?

Dikutip dari Mayo Clinic, banyak peneliti yang percaya bahwa stimulasi saraf berulang bisa menyebabkan otak dan sumsum tulang belakang orang dengan fibromyalgia berubah. Perubahan ini melibatkan peningkatan abnormal kadar bahan kimia tertentu di otak yang menandakan rasa sakit.

Selain itu, reseptor rasa sakit di otak sepertinya mengembangkan semacam memori rasa sakit dan menjadi peka, yang berarti mereka bisa bereaksi berlebihan terhadap sinyal yang menyakitkan dan tidak menyakitkan.

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan perubahan ini, seperti:

  • Genetika
  • Infeksi
  • Peristiwa fisik atau emosional
  • Stres dan depresi

Apa saja gejalanya?

Ada beberapa gejala fibromyalgia yang bisa diwaspadai, yaitu:

Sakit kepala yang meluas

Rasa sakit kepala yang berkaitan dengan kondisi fibromyalgia ini sering digambarkan sebagai sakit tumpul yang konstan, yang berlangsung selama setidaknya 3 bulan.

Kelelahan

Orang dengan fibromyalgia sering bangun tidur dengan keadaan lelah, meski sudah tidur dalam waktu yang lama. Tidur sering terganggu karena rasa sakit dan gangguan tidur lainnya, seperti sindrom kaki gelisah dan sleep apnea.

Kesulitan kognitif

Gejala ini biasa disebut sebagai 'kabut fibro', yang bisa mengganggu kemampuan untuk fokus, memperhatikan, dan berkonsentrasi pada tugas-tugas mental.

Adapun beberapa kondisi lain yang sering muncul bersamaan dengan fibromyalgia, yaitu:

  • Sindrom iritasi usus
  • Sindrom kelelahan kronis
  • Migrain dan jenis sakit kepala lainnya
  • Sistitis interstisial atau sindrom kandung kemih yang menyakitkan
  • Gangguan sendi temporomandibular
  • Kecemasan
  • Depresi
  • Sindrom takikardia postural


Simak Video "Pandemi Sebabkan Masalah Kesehatan Mental Indonesia Meningkat 9 Persen"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)