Kamis, 14 Okt 2021 10:17 WIB

Malaysia Masuk Fase Endemik COVID-19, Menuju 'Medan Perang' Baru

Firdaus Anwar - detikHealth
Otoritas Malaysia melaporkan total kasus virus Corona (COVID-19) di wilayahnya telah melampaui 10 ribu kasus. Foto: AP/Vincent Thian
Jakarta -

Malaysia mulai melakukan pelonggaran lockdown setelah sebelumnya menghadapi lonjakan kasus COVID-19. Secara perlahan pembatasan perjalanan kembali dibuka dan para pelaku bisnis bersiap menghadapi kebijakan baru yang akan diterapkan.

Direktur Jenderal Kementerian Kesehatan Malaysia, Noor Hisham Abdullah, mengatakan minggu depan akan menjadi 'medan perang' baru. Malaysia akan masuk dalam fase endemik COVID-19 dan berharap warga dapat mengikuti protokol kesehatan demi mencegah kembalinya lonjakan kasus.

Abdullah mengatakan orang-orang ke depannya tetap harus menerapkan protokol pencegahan COVID-19, seperti menjaga jarak atau membatasi jumlah individu dalam pertemuan. Hal ini disebut akan menjadi norma yang normal dalam kehidupan baru pascapandemi."Sejauh ini kita masih berhasil menghindari bencana nasional seperti yang dialami banyak negara di dunia. Tapi kita masih belum benar-benar aman, mulai minggu depan kita akan menghadapi perjuangan di medan perang baru dengan strategi baru," kata Abdullah lewat akun Facebook-nya dan dikutip pada Kamis (14/10/2021).

"Di akhir pekan ini mungkin akan ada banyak di antara Anda yang kembali ke kampung. Pastikan Anda benar-benar merencanakannya dan melakukan hal yang perlu dilakukan untuk mematuhi aturan dan norma yang baru ini," ungkap Abdullah.



Simak Video "Eropa Diamuk Covid-19, WHO Perkirakan 2,2 Juta Nyawa Melayang"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)