Jumat, 15 Okt 2021 07:00 WIB

Menkes Pastikan Akses Vaksin COVID-19 Warga Baduy dan Masyarakat Adat lain

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Vaksin COVID-19 suku Baduy Dalam Warga Baduy mendapat vaksin COVID-19 (Foto: Khadijah Nur Azizah/detikHealth)
Jakarta -

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengunjungi pelaksanaan vaksinasi untuk masyarakat Baduy, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Menkes mengharapkan lebih banyak masyarakat adat yang mendapat vaksin COVID-19.

"Mereka memiliki hak yang sama untuk bisa divaksinasi jadi kita cari cara masuknya gimana. Saya sendiri mau masuk ke (Baduy) Dalam biar (mereka) bisa divaksin," katanya saat ditemui di Desa Kanekes, Baduy, Rabu (14/10/2021).

Menkes Budi Gunadi Sadikin di BantenMenkes Budi Gunadi Sadikin mengunjungi vaksinasi untuk warga Baduy di Banten Foto: Khadijah Nur Azizah/detikHealth

Pelaksanaan pelayanan vaksinasi dipusatkan di daerah perbatasan dengan pemukiman masyarakat Badui Luar. Selama ini, kata dia, sebagian besar masyarakat Baduy belum divaksinasi.

"Tugas saya untuk memastikan mereka, bukan hanya Baduy, tapi masyarakat adat lain harus divaksin tanpa merusak tatanan sosial mereka," bebernya.

Menkes mengatakan tantangan terbesar warga Baduy masih menolak divaksinasi adalah karena banyaknya hoaks yang beredar. Oleh karena itu dia meminta kerja sama dari seluruh pihak untuk selalu mensosialisasikan manfaat vaksin COVID-19 demi mencapai herd immunity.



Simak Video "Pemerintah Minta Produsen Vaksin Covid-19 Penuhi Target Pengiriman"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)