Sabtu, 16 Okt 2021 07:00 WIB

Corona Singapura Nanjak Lagi, Jumlah Pasien di ICU Cetak Rekor Baru

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Singapura melaporkan kasus gejala berat dan angka pasien Corona rawat inap meningkat beberapa hari terakhir. Ratusan orang terinfeksi dari klaster perkantoran hingga asrama. Corona di Singapura (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Corona Singapura kembali meningkat di atas 3 ribu kasus. Padahal, beberapa hari sebelumnya kasus harian mulai menurun di rentang 2 ribu kasus.

Ada delapan kasus COVID-19 yang dilaporkan meninggal, seluruhnya diketahui memiliki komplikasi akibat COVID-19. Dari tujuh orang yang tewas, lima di antaranya tidak divaksinasi, sementara tiga lainnya sudah mendapat vaksin COVID-10.

Tujuh orang yang meninggal memiliki riwayat penyakit sebelumnya. Hingga Jumat, Singapura melaporkan total 141.772 kasus COVID-19 teridentifikasi, sejak awal pandemi.

Pasien di rumah sakit

Pasien yang dirawat di rumah sakit meningkat per Jumat (15/10/2021) menjadi 1.593 pasien. Sementara di Kamis jumlahnya tercatat sebanyak 1.511 kasus.

Peningkatan terus terjadi sejak 18 Agustus lalu, saat 'hanya' melaporkan 402 pasien. Departemen Kesehatan Singapura mengatakan sebagian besar kasus tengah diobservasi.

Dari 1.593 pasien, 322 di antaranya membutuhkan suplementasi oksigen dan 48 pasien lain dalam perawatan intensif. Total ada 370 pasien yang masuk dalam kasus serius, rekor terbanyak sejak 18 Agustus lalu, berdasarkan data Channel News Asia.

Selama 28 hari terakhir, dari 65.808 orang yang terinfeksi, 1,1 persen membutuhkan suplementasi oksigen dan 0,1 persen berada dalam perawatan intensif.

Klaster aktif

Ada tiga klaster aktif yang tengah dipantau Departemen Kesehatan setempat, termasuk pusat perawatan senior di Buangkok View yang merupakan tambahan baru dalam daftar tersebut.

Ada total 55 kasus di klaster ECON Medicare Center dan Nursing Home, dan 11 kasus dilaporkan per Jumat kemarin. Satu kasus adalah anggota staf, sedangkan 54 lainnya adalah warga.

Klaster yang ada di United Medicare Center di Toa Payoh menambahkan lima kasus dengan total 118 infeksi. Sebagian besar kasus adalah penduduk, dengan anggota staf dan anggota rumah tangga juga di antara yang terinfeksi.

Acacia Home, panti jompo untuk orang miskin, adalah klaster aktif ketiga yang mencatat tiga infeksi baru sehingga total menjadi 14 kasus. Dua belas kasus adalah penduduk, dan



Simak Video "Menkes Budi: di Singapura, Varian AY.23 Itu Pasti dari Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)