Sabtu, 16 Okt 2021 13:17 WIB

Punya Peran Penting, Ini Fakta Seputar Otot yang Perlu Diketahui

Faidah Umu Sofuroh - detikHealth
Ilustrasi Lansia Olahraga Foto: Shutterstock
Jakarta -

Otot tubuh yang sehat dan kuat akan memberikan kenyamanan saat beraktivitas. Sebab, otot berperan besar dalam setiap gerakan tubuh manusia, dari mulai gerakan kecil seperti tersenyum hingga gerakan besar seperti berlari dan melempar.

Tak hanya itu, dengan menjaga kesehatan dan massa otot, tubuh akan terlihat lebih ideal. Itulah alasan banyak anak muda yang rajin melatih otot dengan olahraga seperti gym dan angkat beban.

Namun, tak hanya anak muda yang perlu menjaga massa otot, orang tua juga penting untuk menjaga massa ototnya. Apalagi, kesehatan massa otot juga berhubungan dengan sistem daya tahan tubuh.

Ada banyak cara untuk menjaga massa otot agar tidak menipis seiring bertambahnya usia. Bisa dengan mengonsumsi makanan sehat bergizi hingga menerapkan pola hidup sehat dengan rutin berolahraga.

Nah, agar semakin semangat untuk menjaga kesehatan dan massa otot Anda, melansir Healthline berikut fakta mengenai otot yang harus diketahui.

1. Tubuh Memiliki Lebih dari 600 Otot

Tubuh manusia memiliki lebih dari 600 otot, ini termasuk otot-otot yang dapat Anda rasakan di lengan dan kaki serta otot-otot di dalam tubuh seperti otot jantung dan otot yang ada di dalam sistem pencernaan. Jumlah 600 otot ini jauh lebih banyak dibandingkan dengan jumlah tulang rangka yang hanya ada 206 buah.

2. 40% Total Berat Badan Berasal dari Otot

Otot membentuk sekitar 40 persen dari total berat badan Anda. Hal ini berlaku untuk sebagian besar vertebrata. Dari seluruh otot yang ada di dalam tubuh manusia, otot yang bekerja paling keras dalam tubuh yaitu otot jantung. Otot ini bekerja memompa sekitar 2.500 galon darah per hari.

3. Otot Tersibuk Ada di Bagian Mata

Selain ada otot yang bekerja keras, ada pula otot yang paling sibuk yaitu otot yang mengendalikan gerakan mata. Otot ini terus bekerja saat Anda sedang membaca, menonton TV ataupun melihat keadaan sekeliling. Saat membaca selama satu jam, mata Anda dapat membuat 10.000 gerakan terkoordinasi.

4. Sebagian Besar Panas Tubuh Berasal dari Kontraksi Otot

Hampir 85 persen dari total panas yang dihasilkan di dalam tubuh berasal dari kontraksi otot. Hal ini dibuktikan saat Anda kedinginan, maka Anda akan menggigil. Ini merupakan gerakan kontraksi otot yang tengah mencoba untuk menghangatkan tubuh Anda.

5. Otot Terbesar dan Terkecil

Otot terbesar dalam tubuh adalah gluteus maximus yaitu otot ekstensor utama pinggul. Ini adalah otot terbesar di tubuh karena tugas utamanya adalah menopang batang tubuh dan mempertahankan postur tubuh yang tepat. Gluteus maximus adalah otot utama yang digunakan untuk membantu Anda berjalan ke atas. Sedangkan otot terkecil ada di telinga bagian dalam. Selain otot terkecil, tulang terkecil juga ada di telinga.

Itu dia 5 fakta seputar otot yang penting untuk kamu ketahui. Dengan mengetahui fakta-fakta ini, kamu bisa mengetahui bahwa otot sangat berpengaruh dalam mendukung seluruh aktivitas manusia. Sehingga menjaga kesehatan dan massa otot merupakan hal yang penting untuk dilakukan berapa pun usia Anda.

Selain dengan mengonsumsi makanan bergizi dan rajin berolahraga, massa otot juga bisa ditingkatkan dengan cara mengonsumsi susu dengan nutrisi lengkap dan seimbang seperti Ensure. Ensure merupakan nutrisi untuk kekuatan dan daya tahan tubuh setiap hari.

Ensure memiliki nutrisi lengkap seimbang dengan kandungan triple protein, yakni kombinasi formula unik whey, kasein dan soya, serta omega 3 dan 6, 14 vitamin dan 9 mineral, rendah laktosa, dan nutrisi penting lainnya yang baik bagi kesehatan tubuh.

Menurut data Euromonitor International Limited; Consumer Health 2020 edition, per Supplement Nutrition Drinks category definition, retail value sales RSP, tahun 2019, Ensure terbukti secara klinis merupakan Brand Nutrisi Dewasa Nomor 1 di Dunia, serta Brand yang Paling Direkomendasikan di Indonesia.

Minum Ensure dua gelas sehari bantu daya tahan tubuh dan kekuatan untuk aktif sepanjang hari. Informasi lebih lanjut mengenai gaya hidup sehat dapat mengakses website ensure.co.id.



Simak Video "Pengaruh Massa Otot untuk Perkuat Daya Tahan Tubuh"
[Gambas:Video 20detik]
(fhs/up)