Sabtu, 16 Okt 2021 13:35 WIB

Isu Rachel Vennya Jadi Duta Karantina, Kemenkes: Mungkin Inisiatif Sendiri

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Rachel Vennya Rachel Vennya kabur dari karantina. (Foto: dok. Instagram @rachelvennya)
Jakarta -

Polemik pelanggaran karantina yang dilakukan selebgram Rachel Vennya belum juga usai. Wanita kelahiran 1995 itu kini diisukan akan menjadi duta karantina, usai terkonfirmasi kabur dari Wisma Atlet dibantu oknum TNI berinisial FS.

Juru bicara vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan RI dr Siti Nadia Tarmizi menduga keinginan menjadi duta karantina adalah inisiatif Rachel Vennya sendiri. Meski begitu, dipastikan pemerintah tidak ada niatan untuk menjadikan Rachel Vennya sebagai duta karantina.

"Sampai saat ini masalah-nya sedang ditelusuri oleh Satgas karantina, ini mungkin Rachel sendiri yang kemudian berinisiatif ya," tutur dr Nadia kepada detikcom Sabtu (16/10/2021).

"Mungkin sebagai duta, mungkin inisiatif dari yang bersangkutan sendiri, mungkin ya," sambung dia.

Apa sih bahayanya kabur karantina?

Pakar epidemiologi Universitas Griffith Australia Dicky Budiman menjelaskan, meski hanya satu orang yang melanggar protokol tersebut, efeknya bisa meluas bahkan hingga ke banyak wilayah Indonesia. Terlebih di tengah kekhawatiran varian baru Corona muncul.

Ia mencontohkan awal mula kasus COVID-19 muncul, kasus tersebut berawal dari patient zero, atau orang yang pertama kali terinfeksi. Dari satu kasus, dampaknya bisa sampai ke seluruh dunia, hingga menjadi pandemi COVID-19.

"Ini satu hal yang sangat memprihatinkan, harapannya aparat pemerintah siapapun menjadi palang pintu penerapan dari UU Kekarantinaan ini," jelas Dicky, saat dihubungi terpisah.

"Karena dampaknya ingat, satu orang pun yang lolos akan bisa merusak situasi satu negara, jadi untuk dipahami pandemi ini dimulai dengan adanya zero cases atau satu orang yang dari negara-negara itu menjadi sumber, sehingga situasinya menjadi buruk di negara itu," pungkas dia, menanggapi hebohnya kasus Rachel Vennya.

Simak video 'Polisi Bakal Panggil Rachel Venya Rabu Pekan Depan':

[Gambas:Video 20detik]



(naf/naf)