Minggu, 17 Okt 2021 11:50 WIB

Viral Cekcok Gara-gara 'Cuci Kaki', Ini 4 Tips Mengendalikan Emosi

Firdaus Anwar - detikHealth
Tangkapan layar video viral Foto: Tangkapan layar video viral
Jakarta -

Di media sosial viral video yang menunjukkan seorang pria mengamuk sampai melempar kucing dan memaki-maki. Belakangan diketahui video direkam di daerah Kalideres, Jakarta Barat, dan sang pria marah karena tidak terima anaknya disuruh cuci kaki sebelum boleh masuk rumah tetangga.

Pria berinisial E tersebut kini telah ditetapkan tersangka setelah pihak tetangga membuat laporan polisi. E dijerat dengan beberapa pasal oleh kepolisian, di antaranya UU Perlindungan Anak 35 tahun 2014, Pasal 335 KUHP, dan 302 KUHP.

"Sudah jadi tersangka," ujar Kapolsek Kalideres AKP Hasoloan Situmorang saat dihubungi, Minggu (17/10/2021).

Emosi yang mudah meluap-luap tidak baik untuk kesehatan jiwa. Ahli kesehatan mental menjelaskan sebetulnya ada beberapa trik yang bisa dicoba untuk menjaga emosi saat berhadapan dengan kondisi apapun.

Psikolog Nuzulia Rahma Tristinarum dari Psikolog Pro Help Center membagikan empat tips berikut:

1. Tarik napas

Rahma menyarankan untuk melakukan manajemen pernapasan. Caranya cukup mudah, yaitu dengan tarik napas secara perlahan selama 3 detik, tahan 3 detik, dan hembuskan perlahan selama 3 detik. Dilakukan secara berulang.

2. Ubah posisi

"Berpindah posisi, jika sedang berdiri, cobalah untuk duduk. Motion berpengaruh pada emotion," jelas Rahma.

3. Menjauh sementara

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah time out atau menjauh untuk sementara. Menurut Rahma, menjauh sementara dari situasi atau orang yang membuat emosi adalah langkah yang tepat untuk membuat diri lebih tenang.

4. Hadapi saat tenang

Keputusan atau tindakan yang diambil saat sedang emosi bisa jadi bukan yang terbaik. Karena itu Rahma menyarankan agar masalah dihadapi saat kondisi sudah tenang.



Simak Video "Luapkan Emosimu Di Sini, Hancurkan Saja Semua Hingga Berkeping!"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)