Senin, 18 Okt 2021 16:59 WIB

Luhut Prediksi RI Endemi COVID-19 Pada Januari 2022, Ini Alasannya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Corona Riau Hari Ini: Data dan Status Level Terbaru Foto: Edi Wahyono/detikcom
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Investasi dan Maritim (Menkomarinves) Luhut Binsar Pandjaitan memperkirakan pandemi COVID-19 di Indonesia bisa segera berubah menjadi endemi di tahun depan. Ini bisa terjadi jika Indonesia bisa melewati libur Natal dan Tahun Baru dengan baik.

Tak hanya itu, prediksi ini juga diperkuat karena kemungkinan obat antivirus untuk COVID-19, seperti Molnupiravir, akan segera tersedia.

"Presiden menekan kepada kami untuk betul-betul berhati-hati menyiapkan seluruh langkah mitigasi apabila terjadi gelombang ketiga akibat libur Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu, kami akan melakukan beberapa rapat terkait hal itu terutama mendorong penggunaan PeduliLindungi dan soal vaksinasi," kata Luhut dalam siaran pers YouTube Sekretariat Presiden Senin (18/10/2021).

"Kalau kita bisa melampaui Nataru ini pada Januari, saya pikir sudah masuk pada endemi karena pada saat itu kita harapkan terdapat obat antivirus ini," lanjutnya.

Saat ini, pemerintah Indonesia tengah berdiskusi terkait obat antivirus yaitu Molnupiravir besutan Merck. Selain itu, saat ini juga terdapat obat Prosultiamine yang juga sedang dalam tahap uji coba klinis di Indonesia.



Simak Video "Persiapan yang Harus Dilakukan untuk Menuju Endemi Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/fds)