Senin, 18 Okt 2021 19:35 WIB

99 Persen Populasi di Negara Ini Sudah Divaksin COVID-19

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Split photo of endemic golden jellyfish in lake at the Republic of Palau. Snorkeling in Jellyfish Lake is a popular activity for tourists to Palau. Foto ilustrasi: Thinkstock
Jakarta -

Negara kecil Palau, memiliki persentase vaksinasi COVID-19 tertinggi di dunia. Palang Merah Internasional (IFRC) menyebut apa yang terjadi di Palau jauh berbeda dengan negara pulau kecil lainnya.

"99 persen populasi Palau di atas 12 tahun telah mendapatkan vaksin COVID-19 lengkap," kata Federasi Palang Merah Internasional (IFRC), mengutip angka pemerintah yang juga menunjukkan bahwa jumlahnya mencapai 16.152 orang, berdasarkan laporan Reuters.

Kepulauan dengan 500 pulau di Samudra Pasifik bagian barat ini berada di tempat teratas, di depan negara-negara seperti Portugal yang dinobatkan sebagai salah satu negara yang terdepan dalam vaksinasi COVID-19, melampaui 80 persen.

Hal ini juga sangat kontras dengan negara-negara kecil lainnya di kawasan yang memiliki cakupan vaksinasi lamban, karena kendala pasokan dan keragu-raguan populasi. Misalnya, seperti Kepulauan Solomon, jumlah yang divaksinasi kurang dari 10 persen dari 650 ribu populasi, dan Kiribati sebanyak 119 ribu yang divaksinasi, kata IFRC.

"Di Papua Nugini, 150 km dari Australia bagian utara, kurang dari 1 persen populasi telah divaksinasi penuh," tambahnya, mengutip angka Our World in Data.

"Palau tidak sendirian di antara negara-negara Pasifik yang memimpin dunia dalam tingkat vaksinasi, berdasarkan basis per kapita. Kepulauan Cook dengan 17 ribu populasi capaian vaksinasi lengkapnya sudah mencapai 96 persen, sementara Fiji dengan populasi 896 ribu orang, 96 persen di antaranya sudah divaksinasi satu dosis," kata IFRC.



Simak Video "Pemerintah Minta Produsen Vaksin Covid-19 Penuhi Target Pengiriman"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/fds)