Selasa, 19 Okt 2021 15:10 WIB

Cerita Penyanyi Andien Divonis Tumor Payudara di Usia 16 Tahun

Syifa Aulia - detikHealth
Andien saat ditemui di kawasan Kemang. Andien Aisyah (Foto: Palevi S/detikFoto)
Jakarta -

Penyanyi Andien Aisyah menceritakan kisahnya saat divonis dokter mengidap tumor payudara. Saat itu, ia masih kelas 2 SMA dan berusia 16 tahun. Hal ini tentu membuat Andien merasa takut hingga down.

"Awal mula aku tahu bahwa aku terdeteksi ada tumor payudara di payudara kiriku ketika aku kelas 2 SMA (tahun) 2002. Pada saat itu aku kan kayak masih umur 16 tahun," beber pelantun Gemintang tersebut kepada Beautynesia, Selasa (19/10/2021).

Ia mengaku sempat merasa bingung, sebab tidak memiliki faktor genetik atau keturunan dari keluarga yang memiliki penyakit tumor atau kanker.

"Sebenarnya aku tuh enggak ada tuh genetik kanker ataupun tumor payudara dilihat dari tante, nenek, dan segala macem enggak ada tuh," tutur Andien.

[Gambas:Youtube]





Mengenai hal ini, ia sempat berpikir ingin menyembunyikan riwayat tumor payudaranya. Namun, Andien berubah pikiran dan berani untuk berbagi tentang kondisi tumornya.

"Tadinya tuh mau aku tutupi tapi akhirnya enggak karena aku merasa kayaknya aku justru harus share ke orang-orang," tutur Andien.

TERUSKAN MEMBACA, KLIK DI SINI



Simak Video "Mengenal Rekonstruksi Payudara untuk Penyintas Kanker"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)