Selasa, 19 Okt 2021 22:00 WIB

Bikin Takjub! Wanita Ini Melahirkan di Usia 70 Tahun, Ibu Tertua di Dunia?

Salwa Aisyah Sheilanabilla - detikHealth
Little toes, baby feet wrapped in a heart blanket Foto: Getty Images/iStockphoto/Axiara
Jakarta -

Seorang wanita asal India melahirkan di usia 70 tahun, padahal seorang dokter sebelumnya mengatakan ia sudah tidak bisa memiliki anak. Ia juga mengklaim dirinya sebagai salah satu ibu tertua di dunia.

Dikutip dari The Sun, wanita tersebut bernama Jivunben Rabari berusia 70 dan suaminya Maldhari berusia 75 tahun. Pasangan ini telah berusaha untuk memiliki bayi selama puluhan tahun tetapi tak kunjung berhasil, hingga akhirnya mereka menjalani program bayi tabung dan menyambut kelahiran putra mereka bulan ini.

Pasangan dari desa kecil bernama Mora di Gujarat, India ini telah menikah selama 45 tahun.

Jivunben sendiri mengaku tidak memiliki tanda pengenal atau kartu identitas untuk membuktikan usianya, tetapi ia mengklaim bahwa dirinya berusia 70 tahun yang akan menjadikannya salah satu ibu pertama tertua di dunia.

dr Naresh Bhanushali yang mendampingi pasangan tersebut sempat mengatakan bahwa kepada mereka bahwa mustahil memiliki anak di usia tersebut.

"Ketika mereka pertama kali datang kepada kami, kami memberitahu mereka bahwa mereka tidak dapat memiliki anak di usia yang begitu tua, tetapi mereka bersikeras," jelasnya dikutip dari The Sun, Selasa (19/10/2021).

"Mereka mengatakan bahwa banyak anggota keluarga mereka juga melakukannya. Ini adalah salah satu kasus paling langka yang pernah saya lihat," lanjutnya.

Selain Jivunben, wanita India lainnya bernama Mangayamma Yaramati diyakini sebagai wanita tertua di dunia setelah melahirkan di usianya yang menginjak 74 tahun.

Sama halnya dengan Jivunben, Mangayamma juga menjalani program bayi tabung dan sudah melahirkan pada September 2019 silam.

Mengapa mustahil hamil dan memiliki anak di usia lanjut? Selengkapnya di halaman berikut.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Strategi Menkes Budi Tekan Angka Kematian Pada Ibu Melahirkan"
[Gambas:Video 20detik]