Rabu, 20 Okt 2021 11:30 WIB

Viral Curhat Beratnya Jadi Ibu Rumah Tangga, Pesan Wanita Ini Bikin Haru

Salwa Aisyah Sheilanabilla - detikHealth
Viral di TikTok seorang wanita mengaku depresi karena menjadi ibu rumah tangga. Foto: TikTok Bunga Ayu (atas izin yang bersangkutan)
Jakarta -

Curhat seorang ibu rumah tangga membagikan pengalamannya merawat sang anak yang sangat melelahkan viral di media sosial. Ia pun menyinggung ibu rumah tangga berisiko mengalami depresi.

Terlebih, menjadi ibu rumah tangga kala pandemi Corona. Bunga bercerita, banyak dari mereka harus menjalani peran ganda, misalnya saja harus mengurus keluarga sekaligus mengajari anak saat pembelajaran jarak jauh atau sembari bekerja.

Melalui unggahan TikTok @bungaaayu dan Instagramnya @bungaaayu, Bunga membagikan pengalamannya menjadi seorang ibu rumah tangga.

@bungaaayu

Aku mewek denger lagu ini, tapi pesan ini mewakili sesama IRT ☺️❤️ #newmoms #newmomsoftiktok #irt #fyp #fypage #fypシ゚viral #wanitachallenge #viral

♬ suara asli - noenoe_karubaba



Lewat unggahan tersebut, Bunga mengungkapkan bahwa sekalipun sang ibu ingin memberikan yang terbaik untuk sang buah hati, tetapi mengurusnya siang dan malam bisa sangat melelahkan.
Bunga menyertakan hasil survei pada 2012 dari Gallup poll yang menunjukkan bahwa depresi Ibu rumah tangga memang nyata terjadi.

"Ibu rumah tangga yang diam di rumah mengalami ketertinggalan dibanding ibu yang bekerja, dalam hal emosi positif," dalam keterangannya.

Hasil riset juga menyebutkan bahwa depresi yang dialami IRT bukanlah hal yang remeh. Dukungan dari suami ataupun masyarakat sangat berperan agar sang ibu bisa merasa lebih baik secara emosional.

Dalam unggahan TikToknya yang lain, Bunga memilih mengundurkan diri dari pekerjaannya sebagai reporter untuk fokus mengurus anak dan tidak kehilangan golden age sang anak.

"Aku berpikir tidak ingin kehilangan moment golden age anak aku," tulis Bunga seperti dikutip dari videonya.

Pekerjaan IRT seringkali diremehkan hanya karena sebagian besar waktunya dihabiskan di rumah. Padahal, ada banyak hal yang harus dilakukan, seperti mengurus anggota keluarga hingga mengerjakan pekerjaan rumah yang tak ada habisnya.

Dengan alasan, itu sudah menjadi kewajibannya, tak jarang segala upaya dan usaha yang dilakukan sang ibu luput dari perhatian dan kurang diapresiasi. Bunga pun menyinggung dalam videonya bahwa sang ibu bisa merasa lebih bahagia jika pekerjaannya diakui dan dihargai.

"Mungkin para ibu akan lebih merasa bahagia jika pekerjaan mereka sehari-hari lebih diakui dan dihargai," ujarnya.

Terakhir, ia mengimbau kepada semua orang agar jangan sepelekan pekerjaan Ibu rumah tangga dan jangan menghakimi mereka yang memilih memakai jasa pembantu atau asisten untuk membantu mengurus rumah.

"Karena sejatinya, pekerjaan ibu rumah tangga tidak kalah berat dibanding pekerjaan karyawan kantor dan semacamnya,"pungkasnya.



Simak Video "Luapkan Emosimu Di Sini, Hancurkan Saja Semua Hingga Berkeping!"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)