ADVERTISEMENT

Rabu, 20 Okt 2021 19:45 WIB

Pantesan Umur 70 Masih Lincah Parkour, Kak Seto Terinspirasi Jackie Chan!

Salwa Aisyah Sheilanabilla - detikHealth
Rambut asli Kak Seto jadi perhatian Kak Seto. Foto: Pingkan/detikHOT
Jakarta -

Di usia yang tak lagi muda, penyakit osteoporosis menjadi momok yang menakutkan bagi para lansia. Meski nyatanya, osteoporosis bukan hanya masalah pada lansia. Kak Seto bagikan tipsnya, tetap aktif cegah osteoporosis di usianya yang tak lagi muda.

Berdasarkan laporan dari Pusat Data dan Informasi (PUSDATIN) risiko osteoporosis terjadi pada 2 dari 5 orang, dan 1 dari 3 wanita usia di atas 50 tahun berisiko mengalami osteoporosis. Sementara 1 dari 5 pria usia diatas 50 tahun juga berisiko mengalami osteoporosis.

Di Indonesia sendiri data International osteoporosis Foundation (IOF) menemukan bahwa pengidap osteoporosis diperkirakan naik jadi 288 juta pada 2050 yang menyerang populasi berusia di atas 60 tahun. Padahal, sebenarnya kondisi ini bisa dicegah mulai dari menjalani pola hidup sehat.

Contohnya, seperti yang terjadi pada Seto Mulyadi atau akrab disapa Kak Seto, seorang psikolog anak sekaligus Health Enthusiast masih terlihat bugar di usianya yang menginjak 70 tahun. Ia pun membagikan tips tetap fit dan bugar di usia yang tak lagi muda.


Aktif bergerak

Kak Seto menekankan salah satu tips menjaga kondisi sehat bugar di usia tua dan mengurangi risiko osteoporosis adalah dengan aktif bergerak.

"Memang selalu bergerak juga jadi rata-rata kalau pagi yang murah meriah ya push-up, masih 80 kali kalau nonstop. Kemudian kalau hujan enggak bisa keluar ya lompat minimal 50 kali. Kadang-kadang juga senam kemudian memperagakan gerakan-gerakan gaya Jackie Chan," saran Kak Seto dalam webinar Hari Osteoporosis Sedunia, Selasa (19/10/2021).

Menurutnya, dengan aktif bergerak keuntungannya adalah badan jadi lebih segar dan pikiran juga menjadi lebih segar serta bisa menjadi lebih produktif. Selain itu, Kak Seto menambahkan dirinya jarang mengalami masuk angin karena membiasakan diri bergerak aktif.

Selain rajin bergerak aktif, Kak Seto membagikan tips lain menjaga kesehatan tulang yang ia sebut dengan prinsip GEMBIRA. Prinsip GEMBIRA selain menjadi panduan bagi Kak Seto juga menjadi keseimbangan hidup sehat.

Kak Seto menjelaskan GEMBIRA merupakan singkatan dari Gerak, Emosi cerdas, Makan dan minum yang berkualitas Bersyukur, Istirahat yang cukup, Rukun dalam keluarga dan terakhir A sebagai Aktif berkarya.

"Untuk 'G' adalah gerak jangan mager, gerak apa saja mau olahraga, nyapu, ngepel. Kemudian 'E' adalah emosi cerdas. Jadi emosi dikelola dengan cerdas. Marah boleh tapi marah yang cerdas. 'M' adalah makan dan minum yang berkualitas dan juga teratur, asupan nutrisi yang berkualitas," tutur Kak Seto.

"Untuk 'B' adalah bersyukur, berdoa, beribadah. Jadi penuh rasa syukur membuat kita bahagia. Kemudian 'I' adalah jangan lupa juga Istirahat, paling tidak istirahat dari emosi negatif. 'R' adalah rukun dalam keluarga. Dan terakhir, 'A' adalah aktif berkarya," sambungnya.

(Salwa Aisyah Sheilanabilla/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT