Kamis, 21 Okt 2021 18:33 WIB

Viral Jual Frozen Food Tanpa Izin BPOM Terancam Denda Rp 4 M, Ini Faktanya

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Frozen food Foto: iStock
Jakarta -

Beberapa waktu lalu, viral UMKM terancam denda Rp 4 miliar karena menjual frozen food tanpa izin edar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Pemilik UMKM tersebut disebut wajib mengurus izin edar selama produk frozen food yang dijual disimpan lebih dari satu minggu.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K Lukito angkat bicara. Ia menegaskan izin edar frozen food tidak hanya dilihat dari masa simpan saja.

"Dikaitkan dengan frozen food saya kira kita bisa melihatnya dari dua sisi, satu dengan style yang sekarang sudah muncul online, peredaran online yang masih intensif," ungkap Penny dalam webinar online beberapa waktu lalu.

"Tentunya penjualan melalui online, distribusi, pangan siap saji, itu banyak sekali diadakan menggunakan frozen food ini. Melihat apakah dia diproduksi secara massal, kemudian dia didistribusi oleh distributor yang reguler, formal, nah saya kira itu butuh dari izin edar dari BPOM," sambung dia.


Penny menegaskan bagi penjual frozen food yang hanya membuat produk untuk langsung dijual, atau sesuai pesanan, tidak memerlukan izin edar dari BPOM.

Ia menyoroti perizinan tidak hanya dilihat dari masa penyimpanan frozen food tersebut.

"Bukan hanya masalah 7 hari, atau tidak 7 hari, tentunya sekarang dikaitkan dengan frozen food, apakah dia diproduksi massal dan diedarkan melalui distributor formal nah itu butuh izin edar dari BPOM karena frozen food itu proses pengawetannya ya," sambung dia.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "BPOM Buka Suara terkait Peristiwa Kebakaran di Kantornya"
[Gambas:Video 20detik]