Jumat, 22 Okt 2021 09:32 WIB

Rusia-China Catat Kasus Flu Burung pada Manusia, Potensi Pandemi Berikutnya?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Husbandry, housing business for the purpose of farming meat, White chicken Farming feed in indoor housing. Live chicken for meat and egg production inside a storage. Virus flu burung. (Foto: Getty Images/iStockphoto/chayakorn lotongkum)
Jakarta -

Jenis baru virus flu burung mematikan ditemukan di Rusia, setelah ratusan ribu ayam mendadak mati di sebuah pabrik peternakan besar di Astrakhan. Timbul kekhawatiran jenis virus tersebut menyebar lebih cepat daripada COVID-19.

Dikutip dari Daily Star, strain ini dikenal dengan H5N8, menyebar cepat ke seluruh lokasi dan bahkan menginfeksi staf petugas di pabrik. Ada 900 ribu burung di lokasi yang harus dipotong untuk menghentikan penyebaran flu lebih jauh.

Meski mereka yang terinfeksi mengeluhkan gejala ringan, ini pertama kalinya Rusia menemukan strain virus flu burung 'melompat' dari hewan ke manusia.

Penyebaran virus dilaporkan ke Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tetapi pada saat itu, WHO dan fokus utama dunia adalah pada pandemi virus Corona.

Anna Popova, kepala penasihat konsumen Federasi Rusia, berbicara tentang keprihatinan mereka atas evolusi H5N8 dan menyarankan pengembangan vaksin harus segera dimulai.

"Tahun ini, dua kasus virus flu burung yang masuk ke populasi manusia dilaporkan. Insiden ini telah didaftarkan dan diakui oleh Organisasi Kesehatan Dunia. Satu di Rusia dan musim panas lalu, dan dilaporkan di China," kata Popova, yang mengepalai Layanan Federal untuk Pengawasan Perlindungan Hak Konsumen dan Kesejahteraan Manusia, dikutip dari TASS.

Saat ini terdapat delapan variasi flu burung yang berpotensi menginfeksi dan memicu risiko fatal pada manusia. Beberapa varian flu ini kerap ditemukan di sekitar pabrik peternakan di seluruh dunia.

Minggu lalu di China, varian flu burung H5N6 menginfeksi 48 orang. Sebagian besar kasus yang dikonfirmasi berasal dari staf yang bekerja dengan unggas yang dibudidayakan, dan lebih dari sebagian orang yang terinfeksi meninggal dunia.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Laporan Rusia soal Pertama Kalinya Flu Burung H5N8 Menular ke Manusia"
[Gambas:Video 20detik]