Senin, 25 Okt 2021 10:25 WIB

Biar Cepat Pulih, Ini 4 Makanan yang Disarankan bagi Pasien COVID-19

Khoirul Anam - detikHealth
Makanan Sehat Foto: Shutterstock
Jakarta -

Pemulihan dari COVID-19 memerlukan waktu yang tidak singkat. Hal ini karena penyakit yang ditimbulkan virus berkaitan dengan tingkat kesehatan dan kekebalan tubuh dari para penderitanya.

Sistem kekebalan tubuh yang kurang baik tentunya akan memberikan gejala berat dari COVID-19. Namun, ada cara dalam mempercepat pemulihan dari COVID-19 selain obat-obatan, yaitu dengan menjalani pola hidup sehat seperti berolahraga, tetap terhidrasi, dan tidur cukup.

Selain itu, ada makanan bergizi yang bisa membantu Anda mempercepat pemulihan dari COVID-19. Meski tidak ada jenis makanan yang spesifik, pada dasarnya tubuh membutuhkan nutrisi yang baik untuk menunjang daya tahan tubuh melawan COVID-19.

Dilansir dari Times Now, berikut ini 4 rekomendasi makanan yang dapat Anda konsumsi dalam membantu pemulihan dari COVID-19.

Jeruk

Vitamin C memainkan peran utama dalam peningkatan kekebalan tubuh. Hal ini karena vitamin C dapat meningkatkan produksi sel darah putih di dalam tubuh Anda.

Vitamin C salah satunya terkandung dalam buah jeruk. Selain itu, vitamin C juga terdapat pada anggur, lemon, limau, jambu biji, dan nanas.

Almond

Di samping vitamin C, vitamin E juga punya peranan penting. Kandungan vitamin ini terdapat dalam almond. Vitamin E bekerja sebagai antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari paparan radikal bebas, sehingga menghindarkan kerusakan sel dan jaringan tubuh.

Untuk itu, mengonsumsi almond dapat membantu pemulihan dari COVID-19 dengan lebih cepat. Anda juga dapat mengonsumsi makanan kering lainnya seperti alpukat atau stroberi.

Telur

Telur merupakan salah satu protein hewani yang sangat baik dikonsumsi untuk menunjang kesehatan tubuh. Telur ayam, telur bebek, hingga telur burung puyuh mengandung asam amino esensial yang berfungsi untuk meregenerasi sel dan juga jaringan tubuh.

Biji-bijian

Biji-bijian memiliki jumlah zinc yang cukup tinggi. Kandungan ini bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh dalam melawan racun.

Sementara itu, kekurangan zinc dapat menyebabkan kekebalan yang buruk. Anda dapat mengonsumsi daging untuk meningkatkan asupan zinc ke dalam tubuh.

Tak hanya dari makanan tersebut, agar lebih cepat pulih dari COVID-19, Anda perlu memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Adapun kebutuhan nutrisi harian bisa dijaga dengan mengonsumsi Ensure.

Ensure memiliki nutrisi lengkap seimbang dengan kandungan triple protein, yakni kombinasi formula unik whey, kasein dan soya, serta omega 3 dan 6, 14 vitamin dan 9 mineral, rendah laktosa, dan nutrisi penting lainnya yang baik bagi kesehatan tubuh.

Ensure terbukti secara klinis merupakan brand dengan penjualan nomor 1 di dunia, serta produk bernutrisi nomor 1 yang direkomendasikan di Indonesia. Minum Ensure dua gelas sehari untuk bantu daya tahan tubuh dan kekuatan. Jangan lupa sertai asupan makanan bergizi dan olahraga teratur.

(ads/ads)