Senin, 25 Okt 2021 15:47 WIB

Wanti-wanti Menkes soal Varian 'Delta Plus' AY.4.2 Meski Belum Masuk RI

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Perang terhadap virus Corona bisa diluapkan dengan berbagai macam aksi salah satunya lewat seni mural. Ini contohnya! Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mewanti-wanti risiko kemunculan varian 'Delta Plus' yang memicu peningkatan kasus di Inggris sejak Juli hingga Oktober. Adalah varian AY.4.2, turunan dari varian Delta.

"Dan kami sudah lihat bahwa di Inggris ada satu varian yang berpotensi mengkhawatirkan yaitu AY.4.2 yang belum masuk Indonesia yang sekarang terus kami monitor perkembangannya," ungkap dia dalam konferensi pers evaluasi PPKM Senin (25/10/2021).

"Varian ini merupakan turunan varian delta yang lumayan meningkatkan kasus konfirmasi yang ada di Inggris cukup lama sejak bulan Juli sampai Oktober tahun ini dan masih terus meningkat," sambung dia.

Meski dipastikan belum masuk Indonesia, varian AY.4.2 akan terus menjadi pemantauan pemerintah. Terlebih, di tengah peningkatan kasus COVID-19 pada 105 kab/kota dalam dua minggu terakhir di 33 provinsi.

"Kasusnya mulai menunjukkan peningkatan dalam 2 minggu terakhir, emang masih belum mengkhawatirkan, tetapi kita mengantisipasi lebih dini."



Simak Video "Daftar Negara yang Larang Masuk Penerbangan dari Afrika"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)