Selasa, 26 Okt 2021 06:00 WIB

Round Up

Apa Rasanya Kotoran Kuping Masuk dan Membatu? Pria Ini Mengalaminya Sendiri

Vidya Pinandhita - detikHealth
Tangkapan layar konten Tiktok Yogi Elka Kotoran telinga yang terdorong masuk karena dikorek dengan cotton bud (Foto: Tiktok Yogi Elka (@yogielka) - seizin yang bersangkutan)
Jakarta -

Siapa rajin membersihkan kuping menggunakan cotton bud? Hati-hati, pria ini membagikan kisahnya kehilangan fungsi pendengaran gara-gara sering mengorek kuping dengan cotton bud. Alih-alih bersih, kotoran dalam kuping yang sudah mengeras bagai batu malah bikin infeksi.

"Kalau mau korek kuping aku saranin jangan pakai cotton bud ya. Ini kejadiannya sekitar sebulan yang lalu. Telinga sebelah kiri aku benar-benar nggak bisa dengar setelah aku ngorek kuping aku pakai cotton bud. Jujur waktu itu aku panik banget," ujar pria bernama Yogi Elka dalam video yang diunggahnya ke akun Tiktok @yogielka, dikutip detikcom atas izin yang bersangkutan, Senin (25/10/2021).

Ia sempat mencoba menggunakan obat tetes telinga yang diperolehnya di apotek, berharap budeknya bakal hilang. Namun bukannya pulih, budeknya malah menjadi-jadi disertai demam dan tubuh lemas.

Dua hari kemudian, Yogi memeriksakan diri ke dokter spesialis telinga hidung dan tenggorokan (THT) di rumah sakit. Dokter menjelaskan, budek yang dialaminya disebabkan sumbatan kotoran telinga yang terdorong makin dalam oleh cotton bud.

"Itu (kotoran) sudah terjadi bertahun-tahun dan membuat kotoran telingaku keras banget kayak batu. Karena sudah kayak batu, waktu aku ngorek kuping terakhir kali itu, ngedorong kotoran itu semakin dalam dan menyumbat telingaku. Gara-gara dorongan itu juga, kotoran telinga yang sudah membatu malah ngelukain dinding telingaku. Luka itu infeksi sehingga membuatku jadi demam," terang Yogi.

Dokter kemudian membersihkan telinga Yogi dengan metode ear irrigation. Lantaran telinga kirinya sudah infeksi, Yogi mengisahkan, sakitnya bukan main.

"Karena telinga kiriku infeksi jadi waktu dikeluarin sakit banget. Dan karena sudah membatu ahirnya harus dicongkel paksa. Dan tentunya semakin sakit lagi gila parah juara," ujarnya.

Kepada detikcom Yogi menyampaikan, dirinya berharap pengalamannya ini bisa menjadi informasi bermanfaat bagi banyak orang sekaligus pengingat untuk tidak sering-sering membersihkan telinga pakai cotton bud.



Simak Video "Luapkan Emosimu Di Sini, Hancurkan Saja Semua Hingga Berkeping!"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)