Selasa, 26 Okt 2021 09:01 WIB

Viral Resep Memutihkan Selangkangan dengan Ketoconazole, Ini Bahayanya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Young woman with cream for feet sitting on bed Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio
Jakarta -

Viral resep memutihkan selangkangan yang beredar di media sosial. Selangkangan hitam disebut bisa diputihkan menggunakan krim betamethasone dicampir ketoconazole.

"Kita bisa oleskan dengan Betamethasone dicampur dengan Ketoconazole lalu diolesin sehari tiga kali," demikian penjelasan yang beredar.

Video yang diunggah oleh salah satu pengguna TikTok itu sudah ditonton lebih dari 13 juta orang dan mendapat 13 ribu komentar. Namun penggunaan kedua krim tersebut sangat tidak dianjurkan dipakai di area selangkangan.

Spesialis kulit dan kelamin dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK dari DNI Skin Center menyebut kedua obat tersebut termasuk golongan obat keras dan sangat tidak dianjurkan untuk dioleskan ke area selangkangan dengan sembarangan tanpa indikasi medis, karena banyak efek samping.

"Betamethasone itu steroid ya, tidak boleh digunakan sembarangan. sama dengan Ketokonazol, itu anti jamur harus digunakan dengan resep dokter," bebernya saat diwawancarai detikcom, Selasa (26/10/2021).

Selangkangan termasuk area yang cukup tipis dan lembab. Penggunaan steroid di selangkangan akan membuat kulit menjadi lebih tipis, memunculkan strechmark, dan bercak putih.

Bercak putih tipis inilah yang kerap disalahartikan dengan pemutihan area selangkangan. Nyatanya, itu merupakan efek samping pada kulit yang cukup berbahaya.

"Sangat tidak dianjurkan karena obat ini banyak efek samping," tegas dr Darma.



Simak Video "Apa Penyebab Kulit Selangkangan Lebih Gelap Dibanding Bagian Lain?"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)