Selasa, 26 Okt 2021 15:48 WIB

Menkes-BPOM RI Buka Peluang Vaksin COVID-19 Anak di Awal 2022!

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Vaksin Sinovac untuk Anak Dapat Lampu Hijau, Ini Fakta-faktanya Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin kembali menyampaikan perkembangan terbaru soal vaksinasi COVID-19 untuk anak-anak. Seperti yang diketahui, saat ini vaksinasi Corona baru diperbolehkan untuk anak usia 12 tahun ke atas.

Menkes Budi mengatakan saat ini sudah ada tiga jenis vaksin Corona yang telah melakukan uji klinis untuk kelompok tersebut, yaitu Sinovac, Sinopharm, dan Pfizer.

"Terkait pemberian vaksin untuk usia anak-anak, sudah ada tiga vaksin yang melakukan uji klinis, yaitu Sinovac, Sinopharm, dan Pfizer," kata Menkes Budi dalam konferensi pers daring, Selasa (26/10/2021).

"Dan diharapkan sampai akhir tahun bisa keluar ketiganya untuk emergency use authorization-nya (EUA)," lanjutnya.

Menkes Budi mengungkapkan saat ini pihaknya juga tengah bekerja sama dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI. Ini dilakukan untuk memastikan EUA vaksin untuk kelompok anak-anak usia 5-11 tahun ini bisa segera selesai.

"Kita sekarang tengah bekerja sama dengan BPOM juga untuk memastikan kita bisa mengeluarkan sesegera mungkin (EUA), sesudah negara asal ketiga vaksin tersebut bisa digunakan untuk anak-anak usia 5-11 tahun," ujar Menkes Budi.

"Rencananya kalau itu sudah keluar hasil uji klinisnya, kita bisa mulai untuk digunakan di awal tahun depan (2022)," pungkasnya.



Simak Video "Pemerintah Minta Produsen Vaksin Covid-19 Penuhi Target Pengiriman"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)