Selasa, 26 Okt 2021 16:06 WIB

Menkes Pastikan Tak Ada Subsidi, Harga PCR RI Termasuk Termurah di Dunia

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Menkes Budi Gunadi Sadikin Menkes memastikan tak ada subsidi untuk tes PCR. (Foto: Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Permintaan penurunan harga tes PCR menjadi Rp 300 ribu, menuai banyak pro kontra. Ada yang menilai sebaiknya pemerintah memberikan subsidi terkait tes PCR.

Namun, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memastikan tak ada rencana subsidi tes PCR. Sebab, usulan harga tes PCR maksimal terbaru dari Presiden Joko Widodo sudah termasuk harga termurah dibandingkan seluruh airport-airport di dunia.

Bahkan, ketika harganya masih di angka Rp 900 ribu, harga tersebut termasuk 25 persen kuartal paling murah dibandingkan dengan harga PCR di sejumlah airport sedunia.

"Jadi misalnya kalau diturunkan ke 300 ribu, itu mungkin masuk 10 persen kuartal yang paling murah dibandingkan dengan harga pcr di airport-airport di dunia," beber dia dalam konferensi pers Selasa (26/10/2021).

"Yang paling murah memang di India, India murah sekali 160 ribuan tapi memang India karena itu negara yang paling murah untuk semuanya selain China, karena memang mereka juga punya produksi dalam negeri," katanya.

Menkes kembali menegaskan jika harga PCR sudah diturunkan menjadi Rp 300 ribu, harga tersebut termasuk 10 persen paling murah dibandingkan dengan harga PCR di airport sedunia.

"Dan apakah akan disubsidi, pemerintah tidak akan merencanakan subsidi karena memang kalau kita lihat harganya apalagi sudah diturunkan itu sudah cukup," pungkas Menkes.

Simak juga 'Relawan Jokowi Gugat Kebijakan Tes PCR Naik Pesawat, Desak Tito Dicopot':

[Gambas:Video 20detik]



(naf/up)