Selasa, 26 Okt 2021 17:15 WIB

Heboh Cara Putihkan Selangkangan, Berapa Sih Biayanya di Klinik Kecantikan?

Vidya Pinandhita - detikHealth
Young woman with cream for feet sitting on bed Cara aman mencerahkan kulit selangkangan (Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio)
Jakarta -

Media sosial tengah diramaikan oleh saran dokter soal memutihkan selangkangan, yang ternyata berbahaya. Dokter ini menyebut, campuran salep antijamur ketoconazole dan betamethasone memutihkan area selangkangan. Padahal, salep yang disebutkan adalah obat keras yang tak boleh dipakai sembarangan!

Dokter estetika di Marcks Venus Aesthetics Clinic, dr Rahmani Nadya Dewi Himawan, menjelaskan sebenarnya ada cara yang lebih aman untuk mencerahkan kulit selangkangan. Namun itupun sebenarnya harus didahului dengan pemeriksaan, tetap tidak boleh sembarangan.

Salah satu metodenya adalah Advanced Fluorescence Technology (AFT) Rejuve. Cara ini bisa dilakukan untuk mencerahkan area selangkangan secara instan.

Metode ini menggunakan laser sejenis intense pulse light. Menurutnya, AFT Rejuve sudah amat banyak digunakan bukan hanya pada selangkangan, melainkan juga area ketiak yang rawan menghitam akibat sering dicukur dan terpapar deodoran.

"Bisa dengan laser, namanya AFT Rejuve. Bisa juga dengan laser, nanti kita kombinasikan dengan krim pencerah supaya area tertentu menjadi lebih cerah. Memang kalau pemakaian deodoran atau sering shaving (mencukur), nggak waxing tapi shaving, biasanya memang akan menyebabkan kehitaman pada area terutama ketiak," terangnya saat ditemui detikcom di Jakarta, Selasa (26/10/2021).

Misalnya di klinik kecantikan tempatnya berpraktik, treatment AFT Rejuve dibanderol dengan harga mulai dari Rp 650.000.

Namun ia menegaskan, hal pertama yang perlu dilakukan untuk mengatasi kehitaman pada area selangkangan adalah mengenali dulu penyebabnya.

Pasalnya, setiap penyebab kehitaman pada selangkangan membutuhkan penanganan yang berbeda. Dalam kata lain, tak melulu selangkangan hitam tepat diatasi dengan obat antijamur.

"Kalau memang bukan karena jamur dan sebagainya, itu bisa dilakukan treatment yang lain. Misalnya laser, atau dioleskan krim yang bisa untuk mencerahkan area-area private tersebut supaya lebih cerah," jelas dr Nadya.



Simak Video "Apa Penyebab Kulit Selangkangan Lebih Gelap Dibanding Bagian Lain?"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)