Selasa, 26 Okt 2021 19:24 WIB

Hii... Viral Muncul Cacing Halus di Jari Usai Garuk Anus

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Viral pria mengeluhkan infeksi cacing kremi (Foto: Tangkapan layar TikTok/@Drkaranr)
Jakarta -

Seorang dokter membagikan video yang memperlihatkan seseorang dengan cacing di seluruh jarinya, usai menggaruk bagian tubuhnya yang gatal. Dalam video di akun TikTok Dr Karan Rajan yang viral, ia mengatakan orang tersebut menderita infeksi cacing kremi.

"Jangan menggaruk dan mengendus (jari yang digunakan untuk menggaruk)," tulis Dr Rajan dalam postingan Tiktok miliknya.

"Ini adalah salah satu alasan mengapa Anda tidak boleh menggaruk celah di antara anus secara langsung. Tak hanya itu, ini juga yang menjadi alasan tidak boleh menggigit-gigit kuku," katanya yang dikutip dari Daily Star, Selasa (26/10/2021).

"Jika terinfeksi, makhluk ini (cacing kremi) hidup di usus di siang hari dan keluar di malam hari. Cacing kremi bisa bertelur di sekitar area anus, sehingga merasa gatal dan memicu rasa ingin menggaruknya," lanjutnya.

Dr Rajan mengatakan telur dari cacing tersebut bisa menyangkut di jari atau di bawah kuku dan kemudian berpindah ke manapun. Ia mengatakan cacing kremi tersebut menempel pada selotip di sekitar anus manusia.

Postingan Dr Rajan ini pun menimbulkan berbagai respons dari netizen. Banyak dari mereka yang merasa jijik dengan cacing kremi yang terlihat di video tersebut.

Mereka merasa hal ini bisa dihindari dengan cara menjaga kebersihan diri dengan baik. Namun, beberapa dari mereka berpendapat berbeda. Menurut segelintir orang, cacing kremi ini tidak bisa dihindari dengan cara menjaga kebersihan diri saja.

"Sangat umum Anda bisa mendapatkannya (cacing kremi) lewat berjabat tangan dengan seseorang yang memilikinya," tulis netizen.

"Bagi mereka yang belum pernah menderita cacing kremi, terkena cacing kremi bukan berarti Anda tidak higienis," ujar netizen lainnya.

Menurut National Health System (NHS) Inform, sebanyak 40 persen anak-anak di Inggris mungkin telah terinfeksi cacing kremi di beberapa titik. Orang yang terinfeksi ini pun tidak selalu menunjukkan gejala.

Cacing kremi bertelur di sekitar anus manusia yang terinfeksi dan biasanya berkembang di malam hari. Jika seseorang menggaruk bagian anusnya langsung dengan jari, cacing itu bisa berpindah ke bagian lain seperti mulut, permukaan lain, dan berujung menginfeksi orang lain.



Simak Video "Luapkan Emosimu Di Sini, Hancurkan Saja Semua Hingga Berkeping!"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)